Penelitian Tindakan Kelas PAUD (Action Research) PAUD



Pengertian Penelitian Tindakan Kelas PAUD – PTK PAUD. Pengertian PTK terdapat beberapa pengertian tentang penelitian tindakan kelas diantaranya:

  1. Penelitian tindakan kelas adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri.
  2. Penenlitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti seperti guru, siswa, atau kepala sekolah.
  3. Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan

Tujuan penelitian tindakan adalah memperbaiki: dasar pemikiran dan kepantasan dan kepantasan dari praktk-praktek, pemahaman terhadap praktek tersebut serta situasi atau lembaga tempayt praktek tersebut dilksanakan.

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.

Rasional diselenggarakannya PTK antara lain adalah untuk :



  1. Meningkatkan mutu, isi, masukan, proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
  2. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan diluar kelas
  3. Meningkatkan sikap professional pendidik dan tenaga kependidikan 
  4. Menumbuhkembangkan budaya akademik dilingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan danpembelajaran secara berkelanjutan (sustainable).
penelitian tindakan kelas paud penelitian tindakan kelas paud kognitif penelitian tindakan kelas paud ut penelitian tindakan kelas paud pdf penelitian tindakan kelas paud 2013 penelitian tindakan kelas pg paud metodologi penelitian tindakan kelas paud hasil penelitian tindakan kelas paud contoh laporan penelitian tindakan kelas paud judul dan penelitian tindakan kelas paud free download penelitian tindakan kelas paud format proposal penelitian tindakan kelas paud contoh penelitian tindakan kelas untuk paud proposal penelitian tindakan kelas di paud judul penelitian tindakan kelas di paud makalah penelitian tindakan kelas di paud skripsi penelitian tindakan kelas untuk paud artikel penelitian tindakan kelas untuk paud makalah penelitian tindakan kelas paud judul penelitian tindakan kelas paud artikel penelitian tindakan kelas paud

Dengan melakukan PTK banyak manfaat yang dapat diraih. Dalam inovasi pembelajaran, guru perlu selalu mencoba mengubah, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajarnya agar ia mampu melahirkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelasnya.

Suharsimi (2002) menjelaskan PTK adalah gabungan definisi dari ketiga kata “penelitian + tindakan + kelas” yang kira-kira penjelasannya sebagai berikut : Guru selalu berhadapan dengan siswa yang berbeda dari tahun ke tahun.

  1. Penelitian adalah kegiatan mencermati objek, menggunakan tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.
  2. Tindakan adalah suatu gerak penting yang disengaja dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam penelitian berbentuk rangkaian siklus kegiatan. Tindakan ini sebagai cirri khusus
  3. Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Siswa tidak terbatas di dalam sebuah ruangan tertutup saja tetapi juga ketika anak sedang melakukan karyawisata, di laboratorium, atau di tempat lain.

Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Sedangkan PTK mempunyai karateristik tersendiri, yang membedakan dengan penelitian lain diantaranya yaitu:

  1. Adanya masalah dalam PTK dipicu oleh munculnya kesadaran pada diri guru bahwa praktek yang dilakukan selama ini di kelas mempunyai masalah yang perlu diselesaikan.
  2.  Self-reflective inquiry, atau penelitian melallui refleksi diri, merupakan ciri PTK  yang paling esensial. Guru mengumpulkan data dari prakteknya sendiri melalui refleksi diri, yaitu mencoba mengingat kembali apa yang dikerjaknny didalam kelas, dan dari hasil renungan tersebut guru mencoba menemukan kelemahan dan kekuatan dari tindakan yang dilakukannya, sehingga guru mempunyai dua fungsi ganda yaitu sebagai guru dan sebagai peneliti.
  3. Penelitian tindakan kelas dilakukan di dalam kelas, sehingga fokus penelitian ini adalah pembelajaran berupa perilaku guru dan siswa dalam melakukan interaksi.
  4. Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. 

Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dapat didefinisikan sebagai suatu kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan keantapan rasional dan tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan.