Jenis TIK Yang Dimanfaatkan Dalam Pembelajaran PAUD



Jenis TIK Yang Dimanfaatkan Dalam Pembelajaran PAUD. –Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran PAUD– Sebelum menguraikan tentang jenis-jenis pemanfaatan TIK untuk pembelajaran PAUD, dapat dibedakan menurut cara penggunaannya, yaitu yang interaktif dan noninteraktif. Berikut ini akan dibahas berbagai perangkat TIK, antara lain :

Jenis TIK Yang Dimanfaatkan Dalam Pembelajaran PAUD

a. Audio dan video player

Audio dan video player adalah perangkat TIK yang paling mudah digunakan. Selain karena kemudahan dalam penggunaannya, ketersediaan perangkatnya relatif lebih mudah ditemukan. Perangkat audio dan video player banyak ditemukan dimasyarakat saat ini. Audio dan video player, merupakan media pembelajaran yang menggabungkan antara media audio dan media visual.

b. Komputer

Komputer adalah salah satu perangkat TIK yang sudah banyak dimanfaatkan keberadaannya dalam proses pembelajarannya dalam proses pembelajaran. Berbagai jenis komputer pabrikan dapat menjadi pilihan sesuai kemampuan masing-masing. Kendala utama biasanya adalah dalam pengadaan perangkat ini. Sebelum lebih jauh bagaimana guru PAUD dapat memanfaatkan perangkat ini, terlebih dahulu akan dibahas secara singkat mengenai peran komputer dalam perkembangan kecerdasan manusia.

Jenis TIK Yang Dimanfaatkan Dalam Pembelajaran PAUD



c. Internet

Manfaat internet dalam dunia pendidikan tidak diragukan lagi dengan tersedianya informasi dalam berbagai bidang dalam jumlah yang melimpah.

Kekayaan akan informasi yang sekarang tersedia di internet harus benar-benar dimanfaatkan oleh para penentu kebijakan dalam pendidikan, baik oleh kepala sekolah, guru maupun staf administrasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Dalam kaitannya dengan kelebihan internet bagi guru, Rekdale mengemukakan bahwa internet sangat potensial untuk mendukung pengembangan profesional guru karena internet menawarkan beberapa kesempatan untuk diraih, yakni (menurut  Rekdale dalam Nurdin Noni, makalah, 2011):

  1. meningkatkan pengetahuan;
  2. berbagi sumber diantara rekan sejawat; 
  3. bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri; 
  4. kesempatan untuk menerbitkan / mengumumkan gagasan yang dimiliki secara online; 
  5. mengatur komunikasi secara teratur; dan 
  6. berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik lokal maupun internasional

Dalam kaitannya dengan sumber bahan mengajar, guru dapat:

  1. mengakses rencana belajar mengajar dan metologi baru, 
  2. memperoleh bahan baku dan bahan jadi yang cocok untuk segala bidang pelajaran dan, 
  3. mengumumkan dan berbagi sumber.

Untuk peserta didik, internet menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara cepat untuk

  1. meningkatkan pengetahuan, 
  2. belajar interaktif, dan 
  3. mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. 

Selain itu, internet juga menawarkan kesempatan memperkaya diri dengan meningkatkan komunikasi dengan peserta didik lain dan meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada di seluruh dunia.