Fungsi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini



Fungsi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini –Kita lihat dahulu Teori Neuroscience dan Perkembangan Motorik Halus. Proses perkembangan motorik sangat erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di otak.

Keterampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot. Oleh karena itu, setiap gerakan yang dilakukan anak, sesederhana apapun sebenarnya merupakan hasil pola interaksi kompleks dari berbagai bagian dan sistem dalam tubuh yang dikontrol otak.

Jadi otak lah sebagai bagian dari susunan saraf pusat yang mengatur dan mengontrol semua aktivitas fisik dan mental. Dengan kata lain, aktivitas anak terjadi di bawah control otak, secara simultan (berkesinambungan) otak terus mengolah informasi yang diterimanya.

Bersamaan dengan itu, otak bersama jaringan saraf yang membentuk sistem saraf pusat yang mencakup lima pusat kontrol akan mengendalikan setiap gerakan anak. Semakin matangnya perkem- bangan sistem saraf otak yang mengatur otot memungkinkan berkembangnya kompetensi atau keterampilan motorik anak.



Fungsi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini perkembangan motorik halus anak perkembangan motorik halus anak usia dini perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun perkembangan motorik halus anak prasekolah perkembangan motorik halus anak usia 2-4 tahun perkembangan motorik halus anak usia 5 tahun perkembangan motorik halus anak usia 1-3 tahun perkembangan motorik halus anak usia 1-2 tahun perkembangan motorik halus anak pdf perkembangan motorik halus anak usia sekolah perkembangan motorik halus anak usia 1 tahun perkembangan motorik halus anak usia 7-8 tahun perkembangan motorik halus anak sesuai usia perkembangan motorik halus anak usia 10 tahun perkembangan motorik halus anak usia sd perkembangan motorik halus anak tk perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun perkembangan motorik halus anak usia 3 tahun perkembangan motorik halus anak usia 2-3 tahun perkembangan motorik halus anak autis aspek perkembangan motorik halus anak usia dini perkembangan motorik halus pada anak autis perkembangan motorik halus pada masa awal anak aspek perkembangan motorik halus anak karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun adalah jelaskan perkembangan motorik halus pada masa awal anak

Fungsi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini

Hurlock mencatat beberapa alasan tentang fungsi perkembangan motorik bagi konstelasi perkembangan individu, yaitu:

  1. Melalui keterampilan motorik, anak dapat menghibur dirinya dan memper-oleh perasaan senang. Seperti anak merasa senang dengan memiliki keterampilan memainkan boneka, melempar dan menangkap bola atau memainkan alat- alat mainan lainnya.
  2. Melalui keterampilan motorik, anak dapat beranjak dari kondisi helpessness (tidak berdaya) pada bulan-bulan pertama kehidupannya, ke kondisi yang independence (bebas, tidak bergantung). Anak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, dan dapat berbuat sendiri untuk dirinya. Kondisi ini akan menunjang perkembangan self confidence (rasa percaya diri).
  3. Melalui keterampilan motorik, anak dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekolah (school adjustment). Pada usia pra sekolah (taman kanak-kanak) atau usia kelas awal sekolah dasar, anak sudah dapat dilatih menggambar, melukis, baris berbaris, dan persiapan menulis,.