Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak PAUD



Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak PAUD –Sosialisasi adalah suatu proses mental dan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menyesuaikan diri dengan keinginan yang berasal dari dalam diri.

Pengertian Sosialisasi Anak Usia Dini

Dalam bersosialisasi, anak mengalami suatu proses untuk berperilaku sesuai dengan norma atau adat istiadat di lingkungan sosialnya. Proses sosialisasi pada anak tidak selalu berjalan lancar karena anak memiliki keterbatasan.

Seiring dengan bertambahnya usia anak dan meningkat tahap perkembangannya, anak akan belajar bersosialisasi dengan lebih baik.

Sosialisasi adalah suatu proses mental dan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menyesuaikan diri dengan keinginan yang berasal dari dalam diri. Sosialisasi pada anak merupakan reaksi anak terhadap rangsangan dari dalam diri maupun reaksi anak terhadap situasi di lingkungannya.



Sosialisasi merupakan proses dimana anak belajar untuk berperilaku sesuai dengan harapan budaya dimana anak dibesarkan. Sebagaimana Manning menyatakan ‘socialization is the process by which children learn to behave in acceptable manner, as defined by culture of which the family is apart.

Drever mengemukakan pengertian sosialisasi yaitu suatu proses dimana individu beradaptasi dengan lingkungan social dan menjadi dikenali, dan bekerjasama dengan anggota kelompok tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak PAUD

Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak PAUD

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi yaitu:

  1. lingkungan keluarga;
  2. lingkungan sekolah;
  3. lingkungan kelompok masyarakat; dan
  4. faktor dari dalam diri anak.

Keluarga adalah lingkungan pertama dalam kehidupan anak. Di dalam keluarga, anak diajrkan dan dibiasakan dengan norma-norma social untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan social. Keutuhan keluarga, pola asuh, status ekonomi, tauladan orang tua akan memberikan kontribusi besar terhadap kemampuan anak dalam bersosialisasi.

Lingkungan sekolah juga berpengaruh besar terhadap kemampuan sosialisasi anak, mengingat anak menggunakan sebagian waktunya di sekolah. Di sekolah anak belajar bergaul dan melakukan berbagai aktivitas bersama teman sebaya. Di sekolah pula anak mendapatkan berbagai pengalaman yang mungkin tidak diperoleh di rumah.

Lingkungan masyarakat membawa pengaruh besar terhadap kemampuan anak dalam bersosialisasi. Dalam lingkungan masyarakat, anak dibesarkan dan mendapat pengalaman berinteraksi dengan banyak orang.