Karakteristik Perkembangan Emosional Anak Usia Dini



Ciri-ciri atau Karakteristik Perkembangan Emosional Anak Usia Dini (PAUD) dan manfaatnya. Pengertian emosi adalah reaksi yang meliputi perubahan fisiologis, ekspresi tingkah laku dan perubahan perasaan karena suatu kejadian yang dialami seseorang saat menghadapi situasi tertentu.

Manfaat dan Fungsi Emosi Anak

Emosi diperlukan anak dalam kehidupan sehari-hari, bahkan emosi semacam marah dan takut sekalipun. Saat anak mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan emosi, anak mendapatkan pengalaman dan bisa merasakan kesenangan dalam kehidupan sehari-hari.

Emosi juga mempersiapkan tubuh anak untuk melakukan suatu aktivitas. Semakin intens emosi yang terjadi, maka terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh sehingga hal ini dapat mendorong tubuh untuk mempersiapkan tindakan tertentu. Jika persiapan tersebut tidak dibutuhkan, maka akan membuat anak gugup ataupun cemas.

Emosi memberikan kekuatan tanda pada social tentang perasaan seseorang. Anak memberikan tanda ini melalui berbagai ekspresi wajah yang dapat mengkomunikasikan perasaan mereka. Dengan demikian hal itu dapat membantu anak beradaptasi dengan lingkungan, menyebabkan terjadinya physiological arousal, dan memotivasi terjadinya perilaku.



karakteristik perkembangan emosional anak karakteristik perkembangan emosional anak usia dini karakteristik perkembangan emosional anak usia sd karakteristik perkembangan emosi anak usia sd karakteristik perkembangan emosi anak usia 3-4 tahun karakteristik perkembangan emosi anak usia 5-6 tahun karakteristik perkembangan moral anak usia 5-6 tahun karakteristik perkembangan emosi pada anak karakteristik perkembangan emosi anak usia dini karakteristik perkembangan emosi anak karakteristik perkembangan emosi anak sd karakteristik perkembangan emosi anak usia taman kanak-kanak karakteristik perkembangan emosi anak sma karakteristik perkembangan moral anak sd karakteristik perkembangan moral anak usia dini karakteristik perkembangan moral anak karakteristik perkembangan moral anak usia sd karakteristik perkembangan moral anak tk karakteristik perkembangan sosial emosional anak usia dini karakteristik perkembangan sosial emosional anak karakteristik perkembangan moral dan agama anak usia sd karakteristik perkembangan moral dan agama anak usia dini

Karakteristik Perkembangan Emosional Anak Usia Dini

Berikut ini adalah karakteristik emosi pada anak usia dini:

  1. Emosi anak berlangsung singkat
  2. Emosi anak bersifat intense
  3. Emosi anak bersifat temporer
  4. Emosi anak muncul cukup sering
  5. Respon emosi anak bermacam-macam
  6. Emosi anak dapat dideteksi dengan melihat gejala perilakunya
  7. Kekuatan emosi anak dapat berubah
  8. Ekspresi emosi anak dapat berubah

Karakteristik Perkembangan Emosional Anak Menurut Boeden

Borden menjelaskan, bahwa di usia pra sekolah (5-6 tahun), karakteristik perkembangan emosi anak antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki keinginan untuk menyenangkan hati teman
  2. Sudah lebih mampu mengikuti aturan
  3. Sudah lebih mandiri di satu sisi, namun juga menunjukkan ketergantungan di sisi lain
  4. Sudah lebih mampu membaca situasi
  5. Mulai mampu menahan tangis dan kekecewaan
  6. Mulai sabar menunggu giliran
  7. Menunjukkan kasih sayang terhadap saudara maupun teman
  8. Menaruh minat pada kegiatan orang dewasa