Cara Evaluasi/ Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD



Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran PAUD. Cara Evaluasi/ Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini (PAUD) baik untuk TK KB TPA maupun satuan PAUD sejenis lainnya. Teknik penilaian PAUD, bagan prosedur penilaian perkembangan anak usia dini disajikan lengkap dibawah ini. Kita mulai dengan definisi penilaian pembelajaran anak usia dini.

Asesmen/ Evaluasi/ Penilaian PAUD

Pengertian Evaluasi pembelajaran PAUD adalah suatu proses mengumpulkan dan mengkaji berbagai informasi secara sistematis, terukur, berkelanjutan, serta menyeluruh tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Perlu dipahami bahwa penilaian di PAUD lebih menekankan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian perkembangan anak yang mencakup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional sesuai Standar Nasional PAUD. Oleh karena itu kata yang lebih tepat pada penilaian anak usia dini adalah ASESMEN atau EVALUASI.

Jika dalam proses evaluasi perkembangan anak usia dini ditemukan seorang anak yang hasil belajarnya belum mencapai kompetensi yang sesuai dengan potensinya, maka pendidik perlu membuat program kegiatan yang lebih lanjut (remedial) untuk mendorong pencapaian potensi yang optimal. SEBALIKNYA Jika ada anak yang mencapai kompetensi yang lebih dari standar yang ada, maka pendidik perlu membuat program kegiatan lebih lanjut (pengayaan) agar seluruh potensi anak berkembang.



Tujuan Evaluasi/ Penilaian PAUD

Dalam menilai atau mengevaluasi pembelajaran anak usia dini terdapat beberapa tujuan diantaranya adalah :

  1. Memberikan informasi pada pendidik/orangtua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama mengikuti PAUD.
  2. Menggunakan informasi yang didapat sebagai bahan umpan balik bagi pendidik untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran dan meningkatkan layanan pada anak agar sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkembang secara optimal.
  3. Memberikan masukan pada orang tua untuk melaksanakan pengasuhan di lingkungan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran di PAUD.
  4. Memberikan bahan masukan kepada berbagai pihak yang relevan untuk turut serta membantu pencapaian perkembangan anak secara optimal.
Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran PAUD. Cara Evaluasi/ Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini (PAUD) baik untuk TK KB TPA maupun satuan PAUD sejenis lainnya. Teknik penilaian PAUD, bagan prosedur penilaian perkembangan anak usia dini

Teknik-Teknik Evaluasi/ Penilaian PAUD

  1. Pengamatan atau observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan lembar observasi, catatan menyeluruh atau jurnal, dan rubrik.
  2. Percakapan merupakan teknik penilaian yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas.
  3. Penugasan merupakan teknik penilaian berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak dalam waktu tertentu baik secara individu maupun kelompok baik secara mandiri maupun didampingi.
  4. Unjuk kerja adalah teknik penilaian yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan suatu aktivitas yang dapat diamati.
  5. Penilaian hasil karya merupakan teknik penilaian dengan melihat produk yang dihasilkan oleh anak setelah melakukan suatu kegiatan.
  6. Pencatatan anekdot adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan mencatat sikap dan perilaku khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara tiba-tiba/insidental baik positif maupun negatif.
  7. Portofolio merupakan kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Prosedur Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini

Dalam melakukan penilaian pada anak usia dini ada beberapa prosedur yang harus dilalui sebagai mana bagan penilaian perkembangan anak diatas. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Mengacu pada kompetensi dan dilakukan seiring dengan kegiatan pembelajaran yang diprogramkan dalam RPPH.
  2. Mencatat semua hasil perkembangan anak dengan menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, percakapan, unjuk kerja, hasil karya, dan melakukan pencatatan terhadap sikap dan perilaku anak yang terjadi secara insidental pada format catatan anekdot. Download Instrumen Penilaian PAUD Disini
  3. Merangkum semua hasil perkembangan anak dan dipindahkan ke dalam format yang telah disiapkan baik harian,mingguan maupun semester.
  4. Mengolah hasil rangkuman selama satu semester menjadi bentuk laporan deskripsi   secara   singkat meliputi 3 kompetensi yaitu kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
  5. Merumuskan deskripsi secara objektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau wali dalam bentuk LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak)

Pola Penulisan LPPA – Laporan Perkembangan Anak

  1. Deskripsi keistimewaan anak pada semua aspek.
  2. Deskripsi keberhasilan belajar anak.
  3. Deskripsi tentang hal-hal yang penting dalam pengembangan diri anak selanjutnya.
  4. Deskripsi tentang hal-hal yang perlu dilakukan guru dan orangtua dalam rangka pengembangan diri anak.

Teknik Penyampaian Hasil Penilaian LPPA

  1. Dilakukan oleh Kepala Lembaga PAUD dan guru baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Dilksanakan secara tatap muka antara pihak lembaga dan orang tua/wali.
  3. Menjaga kerahasiaan data pelaporan perkembangan anak untuk melakukan bimbingan selanjutnya.