Contoh pengisian LPPA Laporan Pencapaian Perkembangan Anak atau Raport PAUD. Cara Membuat/ Mengisi/ Menulis Kesimpulan Raport PAUD (TK KB TPA SPS) dapat dilakukan dengan mudah jika kita tahu caranya. Bagaimanakah cara membuat kesimpulan laporan perkembangan anak usia dini atau yang biasa disebut dengan raport PAUD / LPPA ? Mari kita simak penjelasan berikut.



Cara Membuat/ Mengisi Kesimpulan Pada Raport PAUD cara menulis kesimpulan raport paud tk kb tpa sps

Download Contoh Format Raport PAUD terbaru kurikulum 2013 silahkan lihat Raport TK KB TPA K13.

Contoh Kesimpulan Raport PAUD TK KB TPA / LPPA

Bagaimana sih membuat kesimpulan dari Raport PAUD yang hanya terdapat nilai BAIK, CUKUP, dan PERLU DILATIH saja ?
Tentu sangatlah tidak bijak jika dalam menentukan kesimpulan dilakukan hanya dengan cara dikira-kira atau ditebak-tebak. Oleh karena itu harus ada satu kriteria penilaian  yang dapat dijadikan patokan atau tolok ukur oleh para pendidik PAUD  untuk menentukan kesimpulan dan kriteria penilaian ini harus dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Menurut Nana Sudjana (2005) “ bahwa untuk dapat menentukan nilai suatu objek tentu diperlukan adanya sebuah ukuran dan kriteria, misalnya  untuk dapat mengatakan baik, sedang, atau kurang, diperlukan adanya ukuran yang jelas bagaimana yang baik, yang sedang atau yang kurang itu, ukuran inilah yang disebut dengan kriteria.”

Cara yang dianggap paling mudah yang dapat digunakan oleh para pendidik PAUD dalam menentukan  kesimpulan dalam raport PAUD  adalah dengan menggunakan interval nilai.
Misalkan kita ambil contoh kasus ada anak bernama Arya Perdana dengan nilai raport berikut :



Apa yang dapat kita simpulkan jika penilaian terhadap perkembangan anak, hasilnya seperti contoh diatas ?

Sepertinya jika dihadapkan  pada contoh kasus diatas, maka suka atau tidak suka, kita akan bertemu dengan yang namanya skor atau angka . Mungkin hanya inilah cara yang dapat dilakukan oleh pendidik PAUD untuk dapat menentukan kesimpulan apakah perkembangan anak tersebut  masuk dalam katagori Baik, Cukup, atau Perlu Dilatih. Namun jangan khawatir, walaupun dalam menentukan kesimpulan menggunakan penghitungan dengan skor atau angka, di dalam raport nanti skor dan angka tersebut tidak akan muncul.

Baca Juga:  Contoh Format Surat Keterangan Pindah Sekolah PAUD TK KB

Membuat Interval Nilai PAUD

Bagaimana cara membuat interval nilai ? Berikut adalah langkah-langkah membuat interval nilai :

  1. Kita beri skor pada opsi pilihan nilai ; Baik (3), Cukup (2), dan Perlu Dilatih (1).
  2. Hitung Range (R) Skor, dengan cara mengurangi skor tertinggi (H) dengan skor terendah (L). Dalam hal ini skor tertinggi adalah 3, dan skor terendah adalah 1. Sehingga  : R = H – L = 3 – 1 = 2
  3. Tetapkan banyaknya interval. Dalam hal ini banyaknya interval adalah 3, yaitu Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih.
  4. Tentukan rentang interval skor dengan menggunakan rumus “range dibagi interval” sehingga kita dapat 2/3 = 0.6
  5. Sehingga akan diperoleh Rentang Skor sebagai berikut :
TABEL RENTANG SKOR
RENTANG SKOR NILAI
2.4 – 3.0 BAIK
1.7 – 2.3 CUKUP
1.0 – 1.6 PERLU DILATIH

Selanjutnya untuk menentukan kesimpulan  pada tiap  aspek perkembangan anak, dapat dilakukan dengan cara menghitung skor rata-rata, dan hasilnya kita bandingkan dengan Tabel Rentang  Skor .

Kembali ke contoh kasus diatas, maka kesimpulan yang dapat ditarik oleh pendidik PAUD adalah :
Skor rata-rata aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral  adalah : 13/6 = 2.1 , kemudian  jika kita bandingkan ke dalam tabel rentang skor, maka skor 2.1  tersebut masuk dalam kriteria nilai  “CUKUP”.

Selanjutnya dengan menggunakan kata kunci “CUKUP” tersebut, maka  pendidik dapat menyusun kesimpulan pada kolom yang tersedia dengan menggunakan narasi sebagaimana telah biasa dilakukan ketika mengisi raport PAUD.

Dari contoh kasus diatas, maka kesimpulan yang dapat ditulis oleh pendidik, kurang lebih adalah sebagai berikut :

Contoh Membuat Kesimpulan Perkembangan Pada Anak:

Secara umum kemampuan ananda Arya  pada aspek Nilai Agama dan Moral  sudah CUKUP berkembang. Ananda sudah mampu menghafal surat-surat pendek dan melakukan gerakan sholat dengan benar, namun terkadang ananda masih belum dapat membedakan perilaku baik dan buruk.

Baca Juga:  Contoh Buku Tanda Terima Honor Guru PAUD


Contoh Membuat Catatan/Rekomendasi Pendidik :

Jika ingin jadi anak yang baik, ananda Arya harus sayang sama teman-teman, jangan suka menggangu dan mengambil barang punya teman. Kalau masih nakal, nanti tidak ada teman yang mau bermain dengan ananda.

Tulisan ini hanya merupakan analisis kami Pendidik PAUD setelah mempelajari cara mengisi raport PAUD yang baru ini. Tujuannya tidak lain hanya ingin membantu rekan-rekan Guru PAUD yang mengalami kesulitan manakala mereka harus menulis dan membuat kesimpulan pada buku raport PAUD. Semoga tulisan ini bermanfaat.