Jenis Permainan Untuk Anak Usia Dini + Cara Bermain Anak



Jenis Permainan Untuk Anak Usia Dini + Cara Bermain Anak –Bermain adalah metode pembelajaran PAUD. Dengan bermain para pendidik atau guru PAUD dapat menstimulus perkembangan akan sehingga tingkat pencapaian perkembangan anak dapat optimal.

Lebih Jauh tentang Pembelajaran Berpusat Pada Anak Klik Disini.

Tahap Perkembangan Bermain Pada Anak Usia Dini

Menurut Elizabeth B. Hurlock ada empat tahap bermain anak usia dini yaitu sebagai berikut :

1. Tahap Eksplorasi (usia 3 bulan – 1 tahun)

Permainan terdiri atas melihat orang dan benda yang ada di sekitarnya, serta melakukan usaha acak untuk menggapai benda yang diacungkannya.



2. Tahap permainan (usia 1 tahun – 6 tahun)

Anak mulai tertarik dengan mainan dan bermain dengan mainannya sendiri.

3. Tahap bermain (6 tahun – 12 tahun)

Anak mulai menyadari banyak teman di sekitarnya yang membuat anak tertarik untuk bermain bersama-sama.

4. Tahap melamun (12 tahun ke atas)

Semakin mendekati masa puber, anak mulai kehilangan minat dalam permainan yang sebelumnya disenangi, dan banyak menghabiskan waktunya dengan melamun.

Ruang Bermain Anak Usia Dini

Selanjutnya untuk ruang bermain anak usia dini dijelaskan sebagai berikut :

  1. Natural space. Menggunakan lingkungan alam sebagai elemen permainan. Di sini unsur-unsur alam digunakan secara maksimal
  2. Play structure space. Ruang tertutup dengan menggunakan alat permainan artifisial
  3. Open space. Ruang terbuka yang tidak sepenuhnya alami. Beberapa bagian dan beberapa elemen permainan menggunakan barang-barang artifisial.
  4. Hide out space. Tempat bermain yang memungkinkan anak memiliki rahasia dalam sebuah kelompok atau untuk dirinya sendiri.
  5. Street space. Jalanan dapat menjadi ruang bermain anak dimana mereka mengenal sosialisasi. Orang-orang yang lalu lalang dan rambu-rambu lalu lintas yang bertebaran di sekelilingnya, mengajarkan anak bersikap untuk selalu menghargai peraturan dan oran lain.
  6. Anarchy space. Anak terbukti menyukai tempat-tempat yang tak tertata, seperti pipa bekas, tumpukan jerami dan lain-lain. Di tempat ini mereka dapat berandai-andai dengan ‘dunia lain’ yang mereka temukan. (Aryanti, 2004, halaman 93)
permainan anak usia dini permainan anak usia dini.ppt permainan anak usia dini adalah permainan kreatif anak usia dini permainan kognitif anak usia dini permainan balok anak usia dini permainan pada anak usia dini permainan bahasa anak usia dini permainan outdoor anak usia dini permainan kreativitas anak usia dini permainan modern anak usia dini definisi permainan anak usia dini permainan membaca anak usia dini permainan kelompok anak usia dini manfaat permainan anak usia dini permainan konstruktif anak usia dini permainan buat anak usia dini permainan kooperatif anak usia dini pola permainan anak usia dini bermain permainan anak usia dini aneka permainan anak usia dini artikel permainan anak usia dini jenis alat permainan anak usia dini permainan tanpa alat untuk anak usia dini artikel bermain dan permainan anak usia dini contoh permainan aktif anak usia dini permainan kartu angka pada anak usia dini contoh alat permainan edukatif anak usia dini alat permainan edukatif bagi anak usia dini jenis alat permainan edukatif untuk anak usia dini makalah alat permainan edukatif untuk anak usia dini alat permainan anak usia dini permainan anak anak usia dini permainan air anak usia dini aplikasi permainan anak usia dini permainan air untuk anak usia dini permainan untuk anak anak usia dini alat permainan edukatif anak usia dini permainan kartu angka untuk anak usia dini permainan tradisional bagi anak usia dini permainan balok pada anak usia dini permainan bebas untuk anak usia dini permainan puzzle bagi anak usia dini pengertian permainan bagi anak usia dini teori bermain dan permainan anak usia dini bentuk permainan untuk anak usia dini jenis permainan bagi anak usia dini permainan yang tepat bagi anak usia dini ppt bermain dan permainan anak usia dini contoh permainan bahasa untuk anak usia dini mata kuliah bermain dan permainan anak usia dini mengapa anak usia dini perlu bermain dan permainan syarat permainan yang baik bagi anak usia dini bentuk permainan anak usia dini

Jenis Permainan Untuk Anak Usia Dini + Cara Bermain Anak

Beberapa bentuk permainan anak usia dini antara lain

A. BERMAIN DI DALAM RUANG

MENCARI TEMAN

  • Aspek-aspek yang dapat dikembangkan dalam bermain “mencari teman” antara lain:
  • Fisik Motorik: Dalam kegiatan bermain ini mengajak anak untuk banyak bergerak  dan berlari.
  • Sosial : Dalam permainan ini dapat meningkatkan interaksi antar teman saat anak mencari pasangannya.
  • Bahasa : Dalam berinteraksi maka akan meningkatkan komunikasi yang terjadi pada anak sehingga kemampuan anak dalam berkomunikasi dapat terlatih.

TEPUK BERSAMA
Aspek-aspek yang dapat dikembangkan dalam bermain ”tepuk bersama” antara lain :
Fisik  Motorik : Dalam permainan ini dapat meningkatkan koordinasi tangan anak.
Sosial : Bermain ini juga dapat melatih anak untuk melakukan kekompakan serta kerjasama.

BERMAIN PERAN
Aspek-aspek yang dikembangkan dalam permainan ini:
Sosial Emosional, Bahasa, Kognitif, Menyusun Balok, Kognitif, Motorik halus, Seni

BERMAIN PLASTISIN
Aspek yang dikembangkan dalam permainan plastisin adalah :
Kognitif, Motorik Halus, dan Seni

B. BERMAIN DI LUAR RUANG

MENJALA IKAN
Cara Bermain : 2-3 anak di suruh bergandengan tangan dan berperan sebagai jala ikan. Sedangkan anak-anak lainnya berperan sebagai ikan. Mereka yang berperan sebagai ikan bebas berlarian di lapangan ataupun dalam ruangan.

Bila ada tanda (peluit atau hitungan atau tepukan tangan) dari guru anak-anak yang berperan sebagai jala harus berusaha menangkap ikan (anak-anak yang berlarian dalam ruangan/lapangan) sebanyak-banyaknya dengan cara mengurungnya dalam lingkaran tangan.

Usahakan jala jangan tercerai berai. Sedangkan anak yang berperan sebagai ikan berusaha lari menghindar jangan sampai tertangkap. Anak-anak yang telah tertangkap ikut bergabung sebagai jala, sehingga semakin lama jala semakin lebar. Sedangkan ikan yang harus ditangkap semakin sedikit. Permainan berakhir jika sudah tidak ada ikan yang perlu di tangkap lagi.

Permainan ini dapat dimodifikasi dengan memasang beberapa kelompok anak (2-3 pasang) sebagai jala. Lalu kelompok jala ini saling bersaing untuk menangkap ikan sebanyak-banyaknya.

BERMAIN DENGAN ALAT
Mana sepatuku
Kartu Angka
Lompat Tali
Bermain Kelereng
Puzzle

BERMAIN TANPA ALAT
Semoga artikel bermain dan permainan anak usia dini berjudul Jenis Permainan Untuk Anak Usia Dini + Cara Bermain Anak ini bermanfaat.