6 Macam Tipe Emosi Pada Anak Usia Dini (PAUD)



6 Macam Tipe Emosi Pada Anak Usia Dini (PAUD). Ada berbagai macam emosi yang biasa ditunjukkan pada anak pra sekolah sebagai berikut.

Kata ’emosi’ berasal dari bahasa latin yang berarti ’mengeluarkan (to move out), menstimulasi dan memotivasi (to excite). Arti yang sepadan sering digunakan oleh para psikolog yaitu perasaan (affect, feeling), yang dikontraskan dengan kognisi (cognition) ataupun tindakan (action).

Menurut Lindgren, pada dasarnya emosi adalah keadaan antusiasme umum yang diekspresikan dengan perubahan pada perasaan dan kondisi tubuh.

Emosi berperan penting bagi anak . Pada usia dini, anak telah belajar tentang emosi, walaupun di usia tersebut anak belum dapat menginterpretasi serangkaian emosi negatif yang diekspresikan orang lain. Sebagaimana dinyatakan oleh Sroufe: ‘By the preschool period, children have learned a great deal about emotion and emotional expression. Although preschoolers are still not very good at interpreting the range of negative emotions that others may express.



Emosi menunjukkan kondisi perasaan anak. Anak yang sedang gembira akan menunjukkan emosi dengan cara tertawa atau tersenyum. Anak yang sedang sedih akan menunjukkan emosi dengan menangis atau merengutkan wajah. Berbagai emosi yang diekspresikan anak menunjukkan pada orang lain, apa yang anak rasakan atau anak inginkan pada saat tertentu.

emosi anak usia dini emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya emosi anak usia dini adalah kecerdasan emosi anak usia dini fungsi emosi anak usia dini masalah emosi anak usia dini gangguan emosi anak usia dini jurnal emosi anak usia dini emosi positif anak usia dini emosi negatif anak usia dini tahap perkembangan emosi anak usia dini tahapan perkembangan emosi anak usia dini permasalahan sosial emosi anak usia dini pengembangan sosial emosi anak usia dini jenis-jenis emosi anak usia dini psikologi perkembangan emosi anak usia dini pola perkembangan emosi anak usia dini makalah emosi pada anak usia dini makalah karakteristik perkembangan emosi anak usia dini cara terpadu pengembangan sosial emosi anak usia dini artikel perkembangan emosi anak usia dini aspek emosi anak usia dini aspek perkembangan emosi anak usia dini artikel tentang emosi anak usia dini

6 Macam Tipe Emosi Pada Anak Usia Dini (PAUD)

Ada berbagai macam emosi yang biasa ditunjukkan pada anak pra sekolah sebagai berikut:

  1. Takut adalah perasaan terancam oleh suatu objek yang dianggap membahayakan. Pembiasaan, peniruan dan ingatan anak terhadap pengalaman yang kurang menyenangkan, berkontribusi terhadap munculnya rasa takut terhadap sesuatu.
  2. Senang adalah perasaan yang positif dimana anak merasa nyaman karena keinginannya terpenuhi 
  3. Marah adalah reaksi terhadap situasi frustasi yang dialami, dimana melibatkan perasaan tidak senang atas hambatan yang dihadapi. Anak mengungkapkan rasa marah dengan berbagai cara misalnya menangis, menendang, menggertak, memukul dan sebagainya
  4. Ingin tahu adalah keingintahuan anak terhadap hal-hal baru, yang berkaitan dengan dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya
  5. Sedih adalah perasaan yang muncul saat anak kehilangan atau tidak memperoleh sesuatu yang diharapka. Biasanya ungkapan rasa sedih anak adalah dengan menagnis atau kehilangan minat untuk melakukan sesuatu.
  6. Afeksi adalah perasaan anak yang diwujudkan dalam bentuk kasih sayang pada sesuatu, misalnya dengan memeluk, mencium, atau menepuk objek yang disukai