5 Tahapan Perkembangan Membaca Anak Usia Dini



5 Tahapan Perkembangan Membaca Anak Usia Dini –Keterampilan berbahasa pada anak usia dini berkembang sangat cepat. Dalam fase kehidupan anak usia dini yaitu rentang usia 0-8 tahun, bahasa digunakan dengan cara yang semakin baik seiring dari hari ke hari.

Hal ini sebagian terjadi karena anak memahami aturan bahasa dengan lebih baik, sebagian karena kosakatanya bertambah banyak, dan sebagian karena keterampilan belajarnya lebih baik. Anak mulai menggunakan bahasa bukan hanya untuk mengkomunikasikan kebutuhannya sendiri, tetapi juga untuk mendengarkan perasaan dan pandangan orang lain.

Kalimatnya menjadi lebih panjang, dengan struktur tata bahasa yang lebih canggih, dan juga mengandung lebih banyak arti. Seorang anak berusia 5 tahun pada umumnya dapat memberikan kontribusi yang baik pada percakapan apapun dengan anak-anak lain dan orang dewasa.

5 Tahapan Perkembangan Membaca Anak Usia Dini

Tahap perkembangan membaca anak dapat dikelompokkan menjadi berikut.



1. Tahap Magical Stage (Tahap fantasi)

Anak mulai belajar menggunakan buku, mulai berfikir bahwa buku itu penting, melihat atau membolak-balikkan buku dan kadang-kadang anak membawa buku kesukaannya.

perkembangan membaca anak perkembangan membaca anak usia dini perkembangan membaca anak sd perkembangan membaca anak usia 5-6 tahun perkembangan membaca anak usia 4-5 tahun perkembangan membaca bagi anak perkembangan membaca dan menulis anak faktor yang mempengaruhi perkembangan membaca anak tahapan perkembangan membaca pada anak tahapan perkembangan membaca anak perkembangan membaca pada anak tahap perkembangan membaca anak perkembangan membaca pada anak usia dini perkembangan kemampuan membaca anak makalah perkembangan membaca anak usia dini perkembangan kemampuan membaca anak usia dini tahap perkembangan membaca pada anak

2. Self Concept Stage (Tahap Pembentukan Konsep Diri Membaca)

Anak memandang dirinya sebagai pembaca, dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca, pura-pura membaca buku, memberi makna pada gambar atau pengalaman sebelumnya dengan buku, menggunakan bahasa buku meskipun tidak cocok dengan tulisan.

3. Bridging Reading Stage (Tahap Membaca Gambar)

Pada tahap ini anak menjadi sadar pada cetakan yang tampak serta dapat menemukan kata yang sudah dikenal, dapat mengungkapkan kata-kata yang memiliki makna dengan dirinya, dapat mengulang kembali cerita yang tertulis, dapat mengenal cetakan kata dari puisi atau lagu yang dikenalnya serta sudah mengenal abjad.

4. Take Off Reader Stage (Tahap Pengenalan Bacaan)

Anak tertarik pada bacaan, mulai mengingat kembali cetakan pada konteksnya, berusaha mengenal tanda-tanda pada lingkungan serta membaca berbagai tanda seperti kotak susu,pasta gigi atau papan iklan

5. Independent Reader Stages (Tahap Membaca Lancar)

Pada tahap ini anak dapat membaca berbagai jenis buku yang berbeda secara bebas, menyusun pengertian dari tanda, pengalaman dan isyarat yang dikenalnya, dapat membuat perkiraan bahan-bahan bacaan. Bahan-bahan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman anak semakin mudah dibaca.