Sambutan Penguatan Kerjasama Koordinasi & Kemitraan PAUD



Sambutan Penguatan Kerjasama Koordinasi & Kemitraan PAUD —
Bapak dan Ibu yang berbahagia.
Kebijakan pengembangan dan pembangunan dibidang PAUD adalah mengoptimalisasi program PAUD melalui penyelenggaraan PAUD Holistik, integratif dan bermutu yang mampu melejitkan potensi kecerdasan anak dalam arti luas; memberikan kesiapan anak untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut; dan Melaksanakan pelayanan dengan  jangkauan sasaran yang makin luas, merata dan berkeadilan.

Atas dasar Kebijakan diatas, maka Penyelenggaraan PAUD hendaknya :

  1. Memperlakukan anak usia dini sesuai dengan keberadaan dan potensi kecerdasannya. Anak sedapat mungkin memperoleh perlakuan sesuai tingkat usia,  tingkat perkembangan mental dan kebutuhan spesifiknya serta memperhatikan dan mengembangkan seluruh potensi kecerdasannya. 
  2. Memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat. Dalam hal ini kondisi Lembaga PAUD di Jateng, perannya lebih banyak dilaksanakan oleh masyarakat, sedangkan Pemerintah berperan memberikan fasilitas, mendorong dan memberdayakan semua potensi, baik yang telah ada maupun yang dapat digali dari masyarakat agar jangkauan layanan dan mutu pendidikan yang mereka selenggarakan terus meningkat;
  3. Meningkatkan pemahaman orang tua, keluarga dan stakeholder tentang Pentingnya PAUD. Upaya yang dilakukan dapat melalui simposium, semiloka, sosialisasi, dialog interaktif dengan media cetak dan elektronik maupun bentuk sosialisasi seminar sehari atau lainnya.
  4. Meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga layanan anak usia dini, khususnya dari aspek teknis pendidikan maupun fasilitasi sarana dan prasaranannya. 
  5. Meningkatkan koordinasi dengan berbagai Dinas/Instansi, Organisasi Wanita, Organisasi Mitra PAUD (HIMPAUDI, Forum PAUD), Badan Koordinasi TPQ dan komponen lainnya yang terkait dengan layanan PAUD yang bersifat holistik dan terintegrasi serta melalui berbagai program lintas sektor yang terkait dengan anak.
  6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan anak usia dini di setiap lini, baik melalui program beasiswa, pelatihan, magang maupun penyusunan/penerbitan berbagai acuan tentang program PAUD.
Rakor Penguatan Kerjasama, Koordinasi dan Kemitraan PAUD 2014

Bapak dan Ibu yang berbahagia;
Pelaksanaan Rakor Penguatan Kerjasama, Koordinasi dan Kemitraan tentang program PAUD ini merupakan sarana strategis untuk menyamakan persepsi antara Dinas Pendidikan Provinsi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, Organisasi Wanita (TP PKK, Aisyiyah, Muslimat NU dan BKOW) maupun Organisasi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (HIMPAUDI) dan Forum PAUD. Karena melalui momen ini diharapkan dapat memberikan kontribusi serta masukan-masukan yang positip terhadap berbagai Kebijakan serta peningkatan mutu proses pembelajaran maupun akses layanan PAUD di Provinsi Jawa Tengah.

Oleh karena itu langkah penting dalam menangani PAUD ini adalah melakukan konsolidasi, sinkronisasi, penguatan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Masing-masing komponen harus dapat menahan diri dan tidak saling mendahului dalam menerapkan berbagai kegiatan yang diadakan, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Jateng.



Hal ini penting dilakukan, agar gerakan pelayanan dibidang PAUD benar-benar berjalan harmonis dan dirasakan sejuk oleh semua pihak. Lakukanlah koordinasi dan jalinlah kerjasama yang saling menghargai.  Semua itu demi kepentingan yang terbaik buat anak usia dini.  Jika antar komponen saja masih saling curiga mencurigai, dan mementingkan egonya masing-masing, bagaimana dengan pendekatan terhadap anak usia dininya.

Bapak dan Ibu yang berbahagia;
Kebijakan Pemerintah tentang perlunya Optimalisasi terhadap program PAUD, hendaknya dapat kita sambut positip. Untuk itu strategi yang harus dilakukan adalah melalui penanganan PAUD secara Holistik dan Terintegrasi.  Hal ini mengandung makna bahwa penanganan PAUD harus harus melibatkan semua aspek sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan  perkembangan  anak yang mencakup  tentang  gizi, kesehatan, psiko-sosial dan rangsangan intelektual anak diperhatikan  secara simultan.

Disamping itu,  penerapan layanan PAUD, diarahkan  bagi  anak usia 0 s.d 6 tahun, melalui berbagai  program yang sesuai dengan perkembangan anak dan status sosial ekonomi orang tuanya. Upaya penanganan anak usia dini secara Terintegrasi,  ditempuh agar ada  keterpaduan dengan berbagai pihak, baik oleh Dinas/Instansi dan swasta maupun masyarakat. Pemberdayaan potensi masyarakat perlu digalang dan dilakukan PAUDISASI dalam rangka menghasilkan generasi penerus yang mampu berdaya saing di era globalisasi ini.

Bapak dan Ibu yang berbahagia;
Kami menyadari bahwa tugas Saudara selaku Pembina, Penyelenggara dan Mitra program PAUD di daerah, sangatlah berat. Karena hal ini menyangkut tanggungjawab kita dalam mempersiapkan generasi-generasi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggulan di masa mendatang.

Pada kesempatan ini, Saya mengajak Saudara-saudara untuk terus berkreasi dan berinovasi tentang pola-pola pembinaan dan penyelenggaraan PAUD yang paling efektif dan efisien.

Sebab, Keberhasilan program PAUD di Jawa Tengah hanya dapat berhasil apabila didukung oleh semua pihak. Oleh karena itu kami berharap agar dukungan dan partisipasi dari semua komponen lain yang peduli terhadap Anak Usia Dini, mulai saat ini terus digelorakan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dan selamat mengikuti kegiatan ini,  semoga semua yang kita lakukan bermanfaat dan tidak ada masalah-masalah yang merugikan berbagai pihak. Maka dengan mengucap : “Bismillahirrohmannirrochim”, Rakor Penguatan Kerjasama, Koordinasi, dan Kemitraan PAUD, secara resmi saya nyatakan  DIBUKA.