Kurikulum Perangkat Bahan Ajar PAUD KB TPA Holistik Integratif



Perangkat Bahan Ajar KB TPA SPS. Kurikulum Perangkat Bahan Ajar PAUD KB TPA Holistik Integratif dalam Pedoman Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 untuk satuan PAUD KB/TPA/SPS. Adapun untuk satuan TK bisa dilihat pada LINK INI.

Pengembangan terhadap anak usia 0 – 6 tahun dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan sistematis, sehingga anak dapat tumbuh secara sehat, kuat, ceria, berkembang optimal dan berakhlak mulia. Atas dasar kondisi dimaksud, maka dengan mengucap puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya Pedoman Pengembangan Pembelajaran (Kurikulum) dan Perangkat Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif yang bersumber dari APBD Jawa Tengah Tahun Anggaran 2013 ini, berhasil diselesaikan.

Terselenggaranya Pendidikan dan Pengembangan Anak usia Dini secara menyeluruh dan terpadu melalui pengintegrasia, Pelayanan secara terpadu tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak, menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

Oleh karena itu guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal disegala bidang maka diperlukan adanya Pengembangan Pembelajaran (Kurikulum) dan Perangkat Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan pendekatan Holistik dan Integratif.



Jika ditinjau dari pengertian Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu Pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan nasional dan pasal 35 mengenai standar nasional pendidikan. Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Kurikulum dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif (KB/TPA/SPS) bahan ajar tk dan paud bahan ajar untuk anak paud free download bahan ajar anak paud contoh bahan ajar untuk anak paud bahan ajar anak paud contoh bahan ajar anak paud analisis bahan ajar paud artikel bahan ajar paud tahapan analisis bahan ajar paud makalah analisis bahan ajar paud

Atas dasar pemikiran tersebut maka perlu dikembangkan Kurikulum PAUD dan Perangkat Bahan Ajar PAUD secara Holistik dan Integratif. Sedangkan dalam implementasinya disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing Lembaga PAUD.

Prinsip Pengembangan Kurikulum PAUD Holistik Integratif

Pengembangan Pembelajaran (Kurikulum) dan Perangkat Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif,  didasarkan pada prinsip-prinsip yang terdiri dari :

  1. Pelayanan yang holistik, 
  2. Pelayanan yang berkesinambungan, 
  3. Pelayanan yang tidak diskriminatif, 
  4. Perluasan distribusi layanan antar kelompok masyarakat, 
  5. Mengembangkan program penguatan PAUD berbasis keluarga/ keorangtuaan (parenting education), 
  6. Partisipasi masyarakat, 
  7. Berbasis budaya lokal yang konstruktif/bersifat membangun dan berorientasi pada Kebutuhan Anak, 
  8. Belajar melalui bermain dengan menggunakan media edukatif dan sumber belajar yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Lingkungan dan suasana pembelajaran yang menyenangkan hendaknya dapat dirancang dengan tepat. Anak-anak dapat berkembang dan berinteraksi secara positif dengan Pendidik maupun orang lain.

Pendidik juga diharapkan mampu memahami kondisi dan kebutuhan anak serta dapat memfasilitasi kegiatan bersama anak secara penuh untuk mengembangkan kemampuan dasar maupun pembentukan karakter anak. Semua dapat terwujud di Lembaga PAUD jika pembelajarannya tidak menyimpang dari rambu-rambu sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sistematika penulisan buku Pedoman Pengembangan dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif untuk kategori KB/TPA/SPS adalah sebagai berikut :

LANDASAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINIA. Landasan Filosofis
B. Landasan Yuridis
C. Landasan Keilmuan

HAKEKAT PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI  HOLISTIK INTEGRATIF
A. Pengertian PAUD Holistik dan Integratif

PENGEMBANGAN KURIKULUM  PAUD HOLISTIK INTEGRATIF
A. Pengembangan Kurikulum
B. Ruang Lingkup Pengembangan Paud Holistik Integratif Dan Indikator Capaian
C. Pengertian Bahan Ajar Pembelajaran Anak Usia Dini Holistik Integratif

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR  PAUD HOLISTIK INTEGRATIF
A. Pengertian Bahan Ajar
B. Prinsip Pengembangan Bahan Ajar
C. Tujuan Pengembangan Bahan Ajar
D. Komponen Bahan Ajar

PENGEMBANGAN PERANGKAT BAHAN AJAR  PAUD HOLISTIK INTEGRATIF
A. Layanan Pengasuhan
B. Layanan Kesehatan & Gizi
C. Layanan Pendidikan
D. Layanan Perlindungan

DOWNLOAD PEDOMAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM) DAN PERANGKAT BAHAN AJAR PAUD HOLISTIK INTEGRATIF KB/TPA/SPS