Grand Design PAUD Terpadu JATENG 2013 – 2018 Pendekatan HI



Grand Design PAUD Terpadu Jawa Tengah Periode 2013 – 2018 (Pendekatan Holistik Integratif) –Usia dini merupakan masa emas (golden-ages) perkembangan anak. Baik berdasarkan kajian neuro-science, psikologi maupun pedagogimenyimpulkan bahwa anak sedang mengalami perkembangan secara cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan esensial anak secara utuh diperlukan pelayanan yang sistematik dan terencana yang mencakup lingkungan mikro, meso, exo danmakro. Hal tersebut dilakukan supaya anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan usianya.

Bentuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang sudah ada adalah layanan melalui Satuan PAUD Sejenis atau disingkat SPS seperti POSPAUD yakni stimulasi Pendidikan yang terintegrasi dengan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu (kelompok usia 0 – 6 tahun yang tidak terlayani programPAUD lainnya). Selanjutnya terdapat layananKelompok Bermain(KB), Taman Kanak-kanak (TK) maupun Taman Penitipan Anak(TPA).

Grand Design PAUD Terpadu Jawa Tengah Periode 2013 - 2018 (Pendekatan Holistik Integratif) paud holistik integratif paud holistik integratif adalah paud holistik integratif ppt paud holistik integratif pdf konsep paud holistik integratif program paud holistik integratif paud terpadu holistik integratif kurikulum paud holistik integratif pedoman paud holistik integratif perpres paud holistik integratif panduan paud holistik integratif apa itu paud holistik integratif pengertian paud holistik dan integratif paud holistik dan integratif pengertian paud holistik integratif pengembangan paud holistik integratif materi paud holistik integratif juknis paud holistik integratif makalah paud holistik integratif kebijakan paud holistik integratif

Kenyataan di lapangan, program layanan tersebut belum saling terkait secara simultan dan sistematis dalam mengembangkan kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam,baik kesehatan, gizi, pengasuhan,perawatan,perlindungan, dan rangsangan pendidikan.



Grand Design PAUD Terpadu JATENG 2013 – 2018 Pendekatan HI

Di Provinsi Jawa Tengah, jumlah Lembaga PAUD tercatat sebanyak 25.968 lembaga yang tersebar di seluruh daerah baik di perkotaan maupun di pedesaan. Sebagian besar Lembaga PAUD tersebut sudah melakukan pelayanan tetapi belum terintegrasi, sehingga masih banyak anak usia dini yang belum terlayani secara maksimal.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya layanan pendidikan anak usia dini yang menyelenggarakan program lebih dari satu bentuk layanan PAUD (TK, KB, TPA, SPS) sebagai PAUD Terpadu dengan pendekatan Holistik Integratif.

Strategidalam rangka mengembangkan kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam dimaksud mencakup kesehatan, gizi, pengasuhan, perawatan, perlindungan, dan rangsangan pendidikan yang saling berkait secara simultan dan sistematisagar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan perkembangan dan potensi yang dimilikinya untuk menjadi manusia yang berkualitas.

Berkaitan dengan hal tersebut dan mendukung peningkatan akses serta mutu layanan PAUD,maka Dinas Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan UNICEF, memandang perludisusun adanya acuan dalam mengembangkan PAUD Terpadu dengan menyusun Kerangka Besar (GrandDesign) Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu denganPendekatan Holistik Integratif.

Penampakan Grand Desain PAUD Terpadu Holistik Integratif Jateng 2013-2018