3 Tahap Pengembangan Media Pembelajaran PAUD



3 Tahap Pengembangan Media Pembelajaran PAUD. Kegiatan pengembangan media pembelajaran banyak terkait dengan proses pembuatan media yang dilakukan secara sistematis dimulai dari tahap perancangan/desain,  produksi  media, dan evaluasi. Ke-3 tahapan pengembangan ini harus dilalui secara prosedural sehingga media yang dihasilkan memenuhi kualitas yang diharapkan.

1. Perancangan/Desain Media Pembelajaran PAUD

Bila kita akan membuat suatu media pembelajaran untuk anak usia dini maka diharapkan
dapat melakukannya dengan persiapan dan  perencanaan yang teliti. Secara umum langkah- langkah sistematik yang perlu dilakukan pada saat membuat rancangan media adalah sebagai berikut:

  • a. Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
  • b. Merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dan khas
  • c. Merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan 
  • d. Mengembangkan alat pengukur keberhasilan
  • e. Membuat desain media 
  • f.  Melakukan revisi

Produk akhir dari tahap perancangan ini adalah dihasilkannya desain media yang mencantumkan unsur-unsur pokok berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan di atas.

2. Pembuatan Media Pembelajaran PAUD

Dalam  pembuatan media  pembelajaran ini  ada  beberapa prinsip yang harus diperhatikan :



  • Media pembelajaran yang dibuat hendaknya multi guna. Multiguna disini maksudnya adalah bahwa media tersebut dapat digunakan untuk pengembangan berbagai aspek perkembangan anak.
  • Bahan mudah didapat di lingkungan sekitar lembaga PAUD dan murah atau bisa dibuat dari bahan bekas/sisa. Membuat media pembelajaran sebenarnya tidak harus selalu dengan biaya yang mahal.
  • Tidak  menggunakan  bahan  yang  berbahaya  bagi  anak.
  • Dapat menimbulkan kreativitas, dapat dimainkan sehingga menambah kesenangan bagi anak, menimbulkan daya khayal dan daya imajinasi serta dapat digunakan untuk bereksperimen dan bereksplorasi.
  • Sesuai dengan tujuan dan fungsi sarana.
  • Dapat digunakan secara individual, kelompok, dan klasikal.
  • Dibuat sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
3 Tahap Pengembangan Media Pembelajaran PAUD

3. Evaluasi Media Pembelajaran PAUD

Evaluasi  merupakan  bagian  penting  dalam  pengembangan  media  pembelajaran.
Apapun juga media yang dibuat perlu dinilai terlebih dahulu sebelum digunakan secara luas. Evaluasi itu ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah media yang dibuat tersebut dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan atau tidak. Hal ini penting untuk diingat dan dilakukan karena banyak orang beranggapan bahwa sekali mereka membuat media pasti seratus persen ditanggung baik.