3 Langkah Prosedur Pengembangan KTSP PAUD 2013



3 Langkah Prosesdur Pengembangan KTSP PAUD 2013. Dalam pengembangan KTSP PAUD Kurikulum 2013, terdapat 3 langkah atau prosedur yang harus dilakukan yaitu: Analisis Konteks, Penyusunan dokumen KTSP, dan Pengesahan dokumen KTSP PAUD. Apa saja definisi ketiga langkah tersebut kita simak dibawah ini.

1. Analisis Konteks KTSP PAUD Kurikulum 2013

Analisis konteks dimaksudkan melihat, menelaah peraturan perundang-undangan dan sumber rujukan lainnya yang terkait dengan kurikulum anak usia dini. Analisis konteks sangat penting dilakukan agar kurikulum yang dikembangkan dapat diterima, lebih sesuai dengan kaidah peraturan serta tidak menyimpang dari landasan dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di satuan PAUD.

Dari kegiatan analisis konteks diharapkan membangun pemahaman tentang:

  1. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran anak usia dini.
  2. Visi, misi, dan tujuan yang ingin dibangun dan peserta didik yang dihasilkan oleh Satuan PAUD.
  3. Strategi pembelajaran yang akan dipilih oleh satuan PAUD dalam rangka mengelola kegiatan pembelajaran yang dinilai paling sesuai untuk anak usia dini untuk membantu pencapaian visi, misi, dan tujuan lembaga serta tujuan pendidikan secara umum.
  4. Kebutuhan akan sumber daya manusia, sarana/prasarana, anggaran dan potensi yang dimiliki sehingga dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan pengembangan satuan PAUD. 
3 Langkah Prosesdur Pengembangan KTSP PAUD 2013. Dalam pengembangan KTSP PAUD Kurikulum 2013, terdapat 3 langkah atau prosedur yang harus dilakukan yaitu: Analisis Konteks, Penyusunan dokumen KTSP, dan Pengesahan dokumen KTSP PAUD.



2. Penyusunan Dokumen KTSP PAUD Kurikulum 2013

Proses penyusunan KTSP memuat mekanisme terstuktur yang dapat diikuti langkahnya sebagai berikut;
a. Membentuk tim pengembang KTSP. Tim pengembang  ditentukan oleh Satuan PAUD. Tim pengembang KTSP terdiri dari Kepala Satuan PAUD, Pendidik PAUD, Komite PAUD, atau pihak lain yang diperlukan.

b. Tim pengembang bertugas:

  1. Melakukan analisis konteks (sarana, prasarana, lingkungan, peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, komite, biaya, dukungan lainnya).
  2. Menyusun draft kurikulum
  3. Menyusun program pengembangan lembaga
  4. Melakukan revieu dan perbaikan hasil review
  5. Finalisasi dokumen kurikulum satuan PAUD

3. Pengesahan Dokumen KTSP PAUD Kurikulum 2013

Pengelola satuan PAUD mengajukan dokumen KTSP untuk disahkan oleh pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau pejabat kecamatan yang ditunjuk atas nama pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Dokumen yang telah disyahkan kemudian disosialisasikan ke seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di Satuan PAUD yang bersangkutan untuk diterapkan bersama dan sebagai tanggung jawab bersama.