Mengenal 18 Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah



Mengenal 18 Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah. Nilai-nilai pendidikan karakter perlu dijabarkan sehingga diperoleh deskripsinya. Deskripsi beguna sebagai batasan atau tolok ukur ketercapain pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah. adapun 18 nilai-nilai pendidikan karakter didiskripsikan adalah sebagai berikut:

Mengenal 18 Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah

  1. Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  2. Jujur: Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  3. Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
  4. Disiplin:  Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  5. Kerja Keras: Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
  6. Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
  7.  Mandiri:  Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  8. Demokratis:  Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
    Mengenal 18 Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah  nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran nilai pendidikan karakter pdf nilai pendidikan karakter dalam cerpen nilai pendidikan karakter dalam serat tripama nilai pendidikan karakter dalam novel nilai pendidikan karakter di sekolah nilai pendidikan karakter dalam karya sastra nilai pendidikan karakter dalam novel sepatu dahlan nilai pendidikan karakter dalam sastra nilai pendidikan karakter adalah nilai pendidikan karakter di tk nilai pendidikan karakter menurut kemendiknas nilai pendidikan karakter sd sumber nilai pendidikan karakter analisis nilai pendidikan karakter analisis nilai pendidikan karakter dalam novel nilai pendidikan dan karakter bangsa deskripsi nilai pendidikan karakter jurnal nilai pendidikan karakter nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini nilai-nilai karakter pendidikan agama islam artikel nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran nilai pendidikan karakter bangsa nilai pendidikan karakter budaya bangsa dan peduli lingkungan pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai pancasila nilai pendidikan budaya karakter bangsa nilai dalam pendidikan karakter bangsa nilai-nilai dasar pendidikan karakter bangsa nilai dan indikator pendidikan karakter bangsa pendidikan karakter berbasis nilai religius pendidikan karakter berbasis nilai budaya pendidikan karakter berbasis nilai dan etika pendidikan nilai moral dan karakter bangsa pendidikan karakter berbasis nilai implementasi pendidikan karakter berbasis nilai dalam pembelajaran nilai nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter bangsa tujuan pendidikan nilai moral dan karakter bangsa contoh nilai pendidikan karakter
  9. Rasa Ingin Tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
  10. Semangat Kebangsaan: Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  11. Cinta Tanah Air: Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
  12. Menghargai Prestasi:  Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untukmenghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
  13. Bersahabat/Komuniktif: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
  14. Cinta Damai: Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
  15. Gemar Membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
  16. Peduli Lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  17. Peduli Sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
  18. Tanggung jawab: Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Ruang Lingkup Pendidikan Karakter (Puskur, 2011) Pendidikan karakter meliputi dua aspek yang dimiliki manusia, yaitu aspek ke dalam dan aspek keluar. Aspek ke dalam atau aspek potensi meliputi aspek kognitif (olah pikir), afektif (olah hati), dan psikomotor (olah raga).

Aspek ke luar yaitu aspek manusia dalam konteks sosiokultur dalam interaksinya dengan orang lain yang meliputi interaksi dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Masing-masing aspek memiliki ruang yang berisi nilai-nilai pendidikan karakter. Penjelasan ruang lingkup pendidikan karakter terdapat pada bagan di atas.