Konsep Program Pengembangan Kurikulum PAUD 2013



Program Pengembangan Kurikulum PAUD 2013. Program pengembangan PAUD meliputi muatan pembelajaran, program pengembangan, beban belajar. Pada dasarnya kurikulum Nasional PAUD yang dikeluarkan pemerintah, ketika diaplikasikan di tiap-tiap daerah yang berbeda, tidak bisa terlepas dari adanya muatan lokal.

pengembangan kurikulum paud 2013 formal ppt berbasis karakter pdf pengertian model panduan landasan prinsip makalah contoh tujuan materi konsep program komponen jurnal aspek alasan artikel

Dengan kata lain, lembaga pendidikan mulai dari tingkat kelompok bermain, taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi harus mengelola kurikulumnya sendiri sehingga perlu adanya program pengembangan kurikulum paud pada sebuah sekolah paud.

Program Pengembangan Kurikulum PAUD 2013

Kurikulum dapat dianalogikan sebagai program yang dirancang untuk mencapai tujuan. Jika Tujuannya adalah Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, maka kurikulum sebagai program Pengembangan PAUD untuk mencapai aspek perkembangan tersebut. Karenanya kurikulum memuat program pengembangan:



  1. Pengembangan nilai agama dan moral mengenalkan nilai-nilai moral dan perilaku baik melalui kegiatan rutinitas untuk memunculkan pembiasaan-pembiasaan perilaku baik.
  2. Pengembangan motorik mencakup stimulasi terencana untuk mengembangkan kekuatan otot kasar, otot halus. dan perilaku sehat. Pengembangan motorik dilakukan melalui berbagai aktivitas kegiatan bermain dan pembiasaan.
  3. Pengembangan kognitif sebagai program fasilitasi agar anak mengenal dunia dengan cara eksplorasi dan bermain aktif sehingga anak memiliki pengalaman yang menunjang kematangan berpikir kritis, analitis, dan problem solving.
  4. Pengembangan bahasa merupakan program untuk meningkatkan kemampuan memahami bahasa yang disampaikan (reseptif), mampu menyampaikan dengan jelas dan runtut (ekspresif), dan pengenalan keaksaraan awal melalui interaksi akti anak dengan anak, dan anak dengan orang tua.
  5. Pengembangan sosial-emosional mencakup perwujudan suasana untuk tumbuh-kembangnya sikap dan keterampilan sosial dalam konteks bermain.
  6. Pengembangan seni mencakup perwujudan suasana untuk tumbuh-kembangnya apresiasi seni dalam konteks bermain.

B. Muatan Pembelajaran PAUD

Muatan pembelajaran pada PAUD berisi materi-materi yang dikenalkan kepada anak sesuai dengan program pengembangan. Muatan pembelajaran pada program anak usia dini lebih menekankan pada pembentukan sikap, etika, pengenalan cinta tanah air.

C. Beban Belajar PAUD

  1. Beban belajar PAUD merupakan keseluruhan pengalaman belajar yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun.
  2. Beban belajar untuk anak usia 4-6 tahun dilakukan melalui  tatap muka per minggu paling sedikit 900 menit.
  3. Apabila satuan PAUD hanya melakukan tatap muka 540 menit per minggu maka harus diperkaya dengan pengasuhan terprogram oleh orang tua/wali peserta didik dengan durasi paling sedikit 360 menit per minggu.

Selengkapnya silahkan bunda download pedoman struktur kurikulum 2013 PAUD

Agar kurikulum paud dapat dikembangkan dengan efektif dan efisien hingga mampu mengantarkan tujuan kelembagaan PAUD, maka dalam pengembangan kurikulum harus berpegang kepada prinsip-prinsip manajemen kurikulum.