Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD K13



RPP PAUD Kurikulum 2013 –Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD. Rencana pelaksanaan pembelajaran PAUD adalah merupakan kurikulum operasional yang dijadikan acuan bagi guru untuk mengelola kegiatan bermain untuk mendukung anak dalam proses belajar.

Pembelajaran untuk anak usia dini juga harus dilakukan secara terpadu. Terpadu dalam arti anak belajar satu objek namun mengembangkan semua aspek perkembangan. Jika diambil contoh, tema untuk kegiatan harian adalah binatang, pemilihan sub tema dapat diambil dari minat anak, misalnya anak tertarik dengan ikan maka pendidik mengangkat kehidupan ikan sebagai tema harian.

Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:



  • mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran 
  • mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, 
  • mengarahkan guru untuk membangun sikap,  pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak 
  • mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran 

Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP PAUD :

  1. Mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan utnuk mewujudkan ketercapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan  Anak (STPPA) yang mencakup nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, social emosional dan seni. 
  2. Memuat materi yang sesuai dengan KD dan dikaitkan dengan tema.
  3. Memilih kegiatan  selaras dengan muatan/ materi pembelajaran 
  4. Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak 
  5. Menggunakan pembelajaran tematik 
  6. Mengembangkan cara berfikir saintifik  
  7. Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media bermain anak 
Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD

Di Dalam Menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran PAUD, terdapat beberapa komponen yang harus dipelajari yaitu sebagai berikut :

Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, pendidik PAUD diharapkan mampu merancang, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Untuk membantu kemampuan Pendidik PAUD dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dipandang perlu menyusun modul Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PAUD.

Adapun perencanaan untuk anak usia dini secara garis besar terbagi atas rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Rencana jangka panjang meliputi perencanaan kegiatan tahunan. Perencanaan jangka pendek adalah perincian kegiatan bulanan, mingguan dan harian.

Untuk setiap perencanaan dapat dilakukan perubahan dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Hal ini berarti bahwa kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya sewaktu-waktu dapat berubah ketika anak menunjukkan minat tertentu pada saat pelaksanaan kegiatan dilakukan.