Strategi Implementasi PAUD Terpadu Holistik Integratif



[ DOWNLOAD PRESENTASI ] Strategi Implementasi PAUD Terpadu Holistik Integratif. PAUD Terpadu adalah program layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelenggarakan lebih dari satu program PAUD (TK, KB, TPA, SPS) yang dalam pembinaan, penyelenggaraan dan pengelolaannya dilakukan secara terpadu atau terkoordinasi.

implementasi paud terpadu holistik integratif

Tujuan PAUD Terpadu :

  • Meningkatkan akses layanan PAUD
  • Meningkatkan tata kelola dan kapasitas lembaga PAUD
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan layanan PAUD
Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini didasarkan atas prinsip-prinsip sebagai berikut :
  • PAUD merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak anak
  • Pelaksanaan PAUD bersifat menyeluruh dan terpadu
  • PAUD dilaksanakan bagi semua anak Indonesia secara adil
  • Anak-anak dengan kelainan fisik dan/atau perkembangan mental berhak memperoleh layanan PAUD
  • PAUD menempatkan anak sebagai individu yang memiliki kebutuhan dan kemampuan diri untuk tumbuh dan berkembang
  • Pelaksanaan PAUD mengakar pada nilai-nilai moral serta budaya lokal dan nasional.
  • Pelaksanaan PAUD merupakan tanggungjawab keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

Cara Menyelenggarakan PAUD Terpadu :

Sebuah lembaga disebut sebagai PAUD Terpadu apabila telah memenuhi syarat berikut ini :
  • Memiliki izin operasional/pendirian lembaga PAUD.
  • Memiliki struktur organisasi kepengurusan
  • Memiliki minimal 2 program PAUD (TK, KB, TPA, SPS)
  • Memiliki peserta didik minimal 20 anak setiap jenis program
  • Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan
  • Rencana kerja dan rencana pembelajaran sesuai program
  • Memiliki alat permaianan eduklatif
  • Memiliki Rekening Bank
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki surat bukti kepemilikan gedung/lahan 

Prinsip Holistik Integratif PAUD Terpadu

Pengembangan anak usia dini holistik dan integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistimatis (bappenas, 2006).
 
Menurut Direktorat Pembinaan PAUD, Holistik dan Integratif memiliki pengertian sebagai berikut :
  • Holistik artinya penanganan anak usia dini secara utuh/menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak.
  • Integratif/terpadu artinya penanganan anak usia dini dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.
Kementerian negara perencanaan pembangunan (2006) menyatakan bahwa pengembangan anak usia dini secara menyeluruh (holistik) mencakup : Kesehatan Dasar, Gizi, Dan Pengembangan Emosi Serta Intelektual Anak.

Ciri-ciri Pendidikan PAUD Holistik Integratif

Ciri-ciri pendidikan PAUD Holistik Integratif adalah sebagai berikut

  1. Pelayanan Yang Berkesinambungan
  2. Pelayanan Yang Berkelanjutan Dari Sebelum Anak Lahir Hingga Usia 8 Tahun
  3. Sistem Pelayanan Harus Terkoordinasi Dan Terintegrasi
  4. Pendidikan Bagi Orangtua Dan Pengasuh, Serta Keterlibatan Masyarakat,
  5. Kesempatan Untuk Mengakses Program Yang Secara Budaya Tepat
  6. Memberikan Pelayanan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Download Pedoman Penyelenggaraan PAUD Terpadu Klik Disini

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI) sudah diatur di dalam Perpres No. 60 Tahun 2013 yang intinya adalah :



  • Program yang digulirkan  untuk kualitas SDM yang paripurna.
  • Suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Jasmani dan rohaninya, melalui suatu program investasi kesehatan dan pendidikan menuju sumber daya manusia paripurna kompetitif.
  • Pendidikan Anak Usia Dini yang saling berkaitan antara pendidikan maupun kesehatannya, dimana melibatkan keluarga, sekolah, dinas pendidikan, dinas kesehatan, organisasi masyarakat, stakeholder terkait.
  • Pelayanan pemenuhan hak –hak anak dan prinsip dasar Anak Usia Dini.

Rekomendasi: Kupas Tuntas Perpres PAUD HI dan Pelaksanaan Program PAUD oleh Dr. Gutama Lihat Disini

Download Presentasi PPT Implementasi PAUD Terpadu HI

Ayah bunda dapat download presentasi tentang implementasi paud terpadu holistik integratif melalui link tautan berikut ini:

Implementasi PAUD Terpadu HI ppt, Download DISINI

Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Pembelajaran Holistik Integratif  :

  1. Pelayanan yang holistik
  2. Pelayanan yang berkesinambungan
  3. Pelayanan yang tidak diskriminatif
  4. Perluasan distribusi layanan antar kelompok masyarakat
  5. Mengembangkan program penguatan PAUD berbasis keluarga/orangtua
  6. Partisipasi masyarakat
  7. Berbasis budaya yang konstruktif
  8. Good govermance
  9. Berorientasi pada kebutuhan anak
  10. Belajar melalui bermain
  11. Lingkungan yang kondusif
  12. Menggunakan pembelajaran terpadu
  13. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup yang dilakukan sebagai pembiasaan
  14. Pemanfaatan Bahan Ajar dan Sumber Ajar
  15. Pembelajaran bersifat Demokratis