APE Bahan Bekas – Membuat Gantungan Kunci Bentuk Ikan



Membuat Mainan Anak Edukatif dari bahan bekas berupa Gantungan Kunci bentuk ikan Sederhana. Kali ini kita akan membuat mainan anak edukatif berupa gantungan kunci. Dengan membuat mainan anak ini sang anak akan dituntut memiliki keahlian menganyam sederhana dan mengelem.

Alat dan Bahan Membuat APE Gantungan Kunci Bentuk Ikan :

1. Gunting / Cutter
2. Lem
3. Ring kunci untuk dikaitkan ke kunci
4. Bungkus makanan bekas (misalnya bungkus mi, capucino, milkuat, dll)
5. Pensil dan triplek ukuran 15 x 4 cm (sebagai bahan pembantu)

Bahan Pembuat APE Gantungan Kunci

Bermain adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini kebanyakan, bahkan banyak pakar dan praktisi paud menyatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Ketika anak berjalan, ia dapat memainkan permainan sopir-sopiran, ketika anak mandi ia ia juga melakukan permainan yaitu perahu-perahuan.



Cara membuat :

Ambil Tripleks, berikan garis pada ujungnya buat ukuran 4 x 4 CM. Pada sisi panjang, bagi 4 CM buat pola menjadi 5 bagian dengan menggunakan pencil (perhatikan gambar di bawah ini ya)

Pola Gantungan Kunci dari Bahan Bekas

Ambil dua bungkus milkuat dan gunting sesuai dengan pola.
Jika sudah digunting, satukan 2 bungkus tadi dengan cara dianyam seperti pada gambar

Proses Menganyam Gantungan Kunci

Setelah selesai, berikan perekat pada salah satu sisinya, lalu isisilah dengan potongan palstik mie instan yang telah dipotong memanjang seperti mie untuk isi perutnya lalu tutup kembali  (seperti gambar  A berikut)

Mengisi Gantungan Kunci Agar Tidak Kempes

Isi sampai terbentuk ikan, tahap terakhir guntinglah untuk membentuk bagian ekor dan sirip berikan mata  dan gantungan kunci.

Hasil APE Bahan Bekas Membuat Gantungan Kunci

Download tutorial Membuat Mainan Anak Edukatif – Gantungan Kunci Sederhana KLIK DISINI

Pengertian Bermain

Bermain adalah aktivitas fisik dan imajinasi yang dilakukan satu orang anak maupun bersama sekelompok anak sesusianya tanpa adanya unsur paksaan untuk mendapatkan suatu kesenangan dengan menggunakan objek konkret yang ada di lingkungan sekelilingnya.

Pada kegiatan bermain, banyak sensor anak yang berkerja sehingga terlatih sejak dini untuk mengembangkan potensi dan kreativitas yang dimiliki anak. Aspek sosial emosional ditunjukkan oleh anak dengan kemampuannya berkomunikasi dan ketegangan, keceriaan dan kekecewaannya.

Untuk menambah koleksi alat permainan edukatif yang membantu ayah bunda pendidik menstimulus sensori motor dan kreativitas anak maka dibagikanlah membuaat ape sederhana dari bahan bekas ini.