Membatik Kertas Tisu – Membuat APE Sederhana



Membatik Kertas Tisu adalah salah satu cara membuat APE Sederhana untuk dipakai pada kegiatan harian anak usia dini. Pengertian APE atau Alat Permainan Edukatif sendiri adalah merupakan alat permainan yang dirancang khusus untuk kepentingan pendidikan anak melalui bermain.

Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Jadi ayah bunda bisa mengkreasikan mainan anak edukatif atau biasa disebut APE semenarik mungkin bagi anak.

cara membatik tisu diatas kertas dengan menggunakan

APE juga dapat dibuat dengan memanfaatkan sumber bahan dari lingkungan dan alam sekitar, dengan pengembangan permainan tradisional secara langsung disesuaikan untuk kebutuhan main anak. APE ini dapat divariasikan dalam kegiatan bermain seperti main peran dan sentra alam



Cara Membatik Kertas Tisu (Membuat APE Sederhana)

Kali ini kami akan menyajikan gambar membuat APE dengan membatik kertas tisu. Bahan yang perlu disiapkan adalah tisu dan spidol dalam berbagai warna.

Cara membuat :

  • Lipat kertas tisu, bisa dilipat menjadi segi tiga, segi empat, segi lima, atau segi enam bebas
  • Berikan warna dengan memberikan titik-titik pada tisu menggunakan spidol warna membentuk motif
  • Motif yang dibentuk bebas, bisa bentuk garis, lingkaran atau sesuai kreatifitas ayah bunda.
  • Setelah lipatan tisu dibuka, pada tisu sudah terbentuk pola batik yang indah

Selain menggunakan spidol warna, gunakan cairan lain tetapi dengan sangat berhati-hati karena biasanya cairan lain akan terlalu banyak membasahi tisu. Jika ayah bunda cukup kreatif, motif batik tisu yang dihasilkan akan sangat beragam dengan persona keindahannya masing-masing.

Manfaat Membatik Diatas Tisu Bagi Anak

Bagi anak usia dini, membatik menggunakan kertas tisu memiliki beberapa manfaat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak karena akan melatih jari-jari tangan berkoordinasi, melatih otak berkreasi dan berimajinasi, dan mengenal warna.

Alat permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak usia dini. Ketersediaan alat permainan edukatif menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi diri yang dimilikinya dengan hasil yang maksimal.