Dasa Citra Anak Indonesia Mewujudkan Anak Sesuai Harapan



Dasa Citra Anak Indonesia adalah sebuah komitmen untuk membentuk anak usia dini dengan 10 ciri-ciri untuk mewujudkan anak indonesia sesuai harapan. Dalam rangka pembangunan paud maka perlu sebuah upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa sejak dini melalui program paud, disinilah program Dasa Citra memiliki peran dalam menyiapkan generasi usia dini memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dan lingkungan yang lebih luas.

Dasa Citra Anak Indonesia

Dasa Citra Anak Indonesia

Anak Indonesia harapan memliki sepuluh ciri utama (dasa citra anak Indonesia), yaitu
1) beriman dan
2) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3) berakhlak mulia,
4) sehat,
5) cerdas,
6) jujur,
7) bertanggungjawab,
8) kreatif,
9) percaya diri, dan
10) cinta tanah air.

Keseluruhan upaya pembangunan PAUD ditujukan untuk mewujudkan sepuluh ciri tersebut pada setiap anak Indonesia. Melekatnya dasa citra merupakan dasar untuk mengantarkan anak siap mengikuti pendidikan lebih lanjut dan slap memasuki lingkungan lebih luas. Lebih jauh menjadi fundamen terpenuhinya SDM Indonesia berkualitas dan komponen investasi pembangunan bangsa.



Alasan Pentingnya PAUD, Penelitian Telah Menunjukkan Bahwa :

Salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh Save the Children (2000) di Nepal menunjukkan bahwa tingkat kenaikan kelas di kelas I pada anak yang mendapatkan pendidikan usia dini dua kali lipat lebih tinggi dari anakĀ­anak yang tidak mendapatkan pendidikan sebelumnya. Sebaliknya, jumlah kasus anak yang mengulang kelas dan putus sekolah jauh lebih tinggi terjadi pada anak yang tidak mendapatkan layanan pendidikan sejak dini (Choi, 2005).

Semakin dini pendidikan diberikan akan semakin besar dampaknya terhadap kualitas SDM dan sebaliknya makin terlambat pendidikan diberikan makin kecil dampaknya terhadap pembentukan kualitas SDM. Oleh karena itu, penyiapan SDM unggul seyogianya dimulai sejak anak masih dalam kandungan (Nash, 1997).

Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kelompok anak Stunted (pendek) yang diberikan stimulasi (pendidikan & pengasuhan) dan tambahan nutrisi selama 24 bulan, berkembang setara dengan anak-anak normal (Dr. Sally Grantham-Mc Gregor, 2010).

Membangun PAUD Berdaya Saing Guna Mewujudkan Dasa Citra Anak Indonesia

Pada kesempatan berikutnya kami akan bagikan bagaimana cara memanajemen paud agar memiliki daya saing sehingga menjadikan sekolah atau lembaga paud berkualitas. Dengan adanya peningkatan kualitas baik pendidik maupun sarana dan prasarana akan menjadikan lembaga ayah bunda menjadi paud unggulan.