Buku Pedoman Cara Menyelenggarakan Parenting Education PAUD



Silahkan Download Buku Pedoman Cara Menyelenggarakan Parenting Education PAUD, Buku ini adalah sebuah pedoman penyelenggaraan pendidikan anak usia dini berbasis keluarga tersedia dalam format PDF.

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan enam aspek tumbuh kembang anak yang tertera di dalam standar nasional paud, dimana rentang tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun tersebut sedang mengalami perkembangan keceradsan yang luar biasa (atau biasa disebut sebagai golden age anak usia dini).

Patokan usia anak 0-6 tahun sebagai anak usia dini ini tidak baku, karena setiap negara menganut sistem pemikiran ahli paud yang berbeda. Terbukti bahwa NAEYC (National Association for The Education Young Children) menyatakan bahwa anak usia dini itu adalah anak yang berada di rentang usia 0-8 tahun. Sementara negara kita Indonesia menganut UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 28 ayat 1 bahwa anak usia dini adalah anak usia 0-6 tahun.

Memahami pentingnya kesesuaian program pengasuhan anak di dalam keluarga (di rumah) dan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD, maka diharapkan setiap lembaga PAUD memfasilitasi layanan lembaganya dengan penyelenggaraan program pendidikan keorangtuaan (Parenting Education).



Program pendidikan keorangtuaan atau PAUD Berbasis Keluarga merupakan pemberdayaan  untuk memperkuat  peran  keluarga  sebagai lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan  anak.  Untuk  keperluan  buku “Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga” disusun.

Buku Pedoman Penyelenggaraan Parenting Education PAUD

Di awal bab buku yang mebahas cara menyelenggarakan parenting education paud atau pendidikan keorang tuaan di lembaga paud ini akan dijelaskan latar belakang penyelenggaraan, pengertian dasar, dasar hukum, tujuan pedoman, dan sasaran pengguna pendidikan keorangtuaan atau parenting education.

Buku Pedoman Cara Menyelenggarakan Parenting Education PAUD

 

Selanjutnya di bab kedua dijelaskan tujuan, sasaran, pengelolaan, pendekatan yang digunakan, bentuk kegiatan parenting, narasumber, pendamping, peran lembaga PAUD, metode yang digunakan dalam parenting education serta media yang migunakan lengkap dengan materi kegiatan parenting education PAUD.

Pada bab ketiga akan dijelaskan bagaimana menyelenggarakan parenting education PAUD. Ayah bunda juga dapat melihat lampiran yang disediakan dalam buku pedoman PAUD ini yang meliputi

  1. Contoh Agenda Pertemuan Parenting Education PAUD
  2. Contoh daftar hadir Pertemuan Parenting Education PAUD
  3. Contoh rencana pelibatan orangtua Parenting Education PAUD
  4. Contoh Agenda kegiatan Pertemuan Parenting Education PAUD
  5. Contoh Catatan hasil Pertemuan Parenting Education PAUD
  6. Contoh Format Kesan/Pesan/Saran Penyelenggaraan Parenting Education PAUD
  7. Contoh buku kas Penyelenggaraan Parenting Education PAUD
  8. Contoh Format Evaluasi Program Parenting Education PAUD
  9. Kisi-kisi Evaluasi Program Parenting Education PAUD