Inilah Pendapat Edward De Bono Tentang Sekolah



Inilah Pendapat Edward De Bono Tentang Sekolah –Di sekolah setiap hari anak2 kita di ajari untuk MENGHAPAL data dan fakta bahkan di ujianpun mereka hanya sekedar memuntahkan kembali data-data dan fakta yg dihapalkan nya.  Semua rumus ilmu eksakta sekalipun merupakah HAPALAN YANG DILATIHKAN DAN LATIHAN UNTUK DI HAPALKAN.

Pendapat Edward de Bono Tentang Sekolah

Anak-anak yg dulu saat bersekolah mau melakukannya dan berhasil melakukannya akan di katakan sebagai anak PINTAR atau JUARA.  Sementara anak yg menolak untuk MENGHAPAL DATA DAN FAKTA INI akan di kelompokan sebagai anak GAGAL DAN BODOH.

Sementara saat berada dikehidupan nyata anak-anak kita akan di tuntut agar selalu mampu BERPIKIR, MENGANALISIS data dan fakta yg ada MENGGUNAKAN LOGIKA MEREKA untuk MENGOLAHNYA MENJADI STRATEGI DAN SOLUSI BAGI SETIAP MASALAH YG DI HADAPI, BAIK DI PERUSAHAAN ATAUPUN DIRUMAH.



Anak2 yg dulu MENOLAK UNTUK MENGHAPAL rata-rata adalah anak yg secara alamiah selalu  melakukan proses BERPIKIR LOGIKA (yg didalam kepala mereka selalu muncul pertanyaan2 seperti; mengapa aku harus melakukan ini?, untuk apa dan siapa..? apakah ada manfaatnya bagiku? dsb), sementara anak2 yg dulunya mau di minta untuk MENGHAPAL rata-rata akan segera kehilangan KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIKA DAN ANALISIS dalam kepalanya.

Itulah mengapa sering sekali terjadi Anak-anak yg dulu di anggap JUARA dan PINTAR disekolah justru menjadi orang-orang yg KURANG SUKSES DIKEHIDUPAN dan anak-anak yg di anggap GAGAL DISEKOLAH justru banyak yg SUKSES DAN MEMIMPIN DI KEHIDUPAN.

Fenomena yg jauh lebih menarik lagi adalah bahwa Anak-anak yg dulunya pintar di sekolah justru banyak menjadi para pekerja, karyawan hingga staff akhli  dari anak2 yg dulunya gagal di sekolah.

Itulah realita yg harus di ubah dari sekolah2 yg ada di negeri kita dan hampir seluruh dunia.

– Edward De Bono-
Konsultan Bisnis dan Bapak Berpikir Kreatif dari Kanada.
(Edward De Bono pernah di minta oleh Otoritas Pemerintah Kanada untuk melakukan penelitian mengenai sistem sekolah yg ada di Kanada dan Seluruh Dunia, untuk memberikan solusi kreatif terhadap permasalahan sistem pendidikan yg ada di Kanada.)