Cara Menjadikan Anak Percaya Diri Sejak Dini



Berikut ini cara menjadikan anak percaya diri. Kita simak cerita Seorang ibu yang bertanya pada saya…;

”ayah bagaimana caranya agar anak sy PD dan pantang menyerah”.

Jawab saya mudah saja;

1. Puji setiap usaha kecil yg dilakukannya meskipun terlihat remeh temeh,  misalnya pada saat anak berhasil mewarnai gambar, meskipun warnanya tampak tidak beraturan.  Atau saat anak berusaha belajar makan sendiri meskipun sendoknya mampir ke pipi dan hidung dan makanan berceceran.



membuat anak percaya diri tips jadi agar cara dan berani balita trik menjadikan lebih

2. Senyumlah jika ia gagal melakukan sesuatu dan katakan “ayo coba lagi…kamu pasti bisa mama yakin kok..”.contoh lain jika nilai raportnnya Cuma naik 1 poin  “Wah hebat anak mamah nilai matematikanya sekarang sudah 6…. lho… jika kamu terus berusaha ternyata kamu bisa ya sayang…”

3.  Jika ada yg mencela anak kita, bisikan padanya… “Jangan percaya orang itu sayang…., percaya sama mama, kamu itu anak hebat !!.”

4.  Jika ia sedang bercerita atau mejelaskan sesuatu segera tanggapi, dengan antusias  “0h..begitu ya… kok bisa begitu ya…. wah… hebat sekali…”

5.  Lebih banyak bertanya dan mendengarkan dari pada mengjari…  Misalanya pada saat belajar menghitung angka urut…….”eh.. tadi angka habis lima berapa ya…. enam atau depan ya..mama kok lupa ya….? (padahal maksudnya agar anak memperbaiki) “ yuk kita coba ulangi lagi….”

6.  Apakah ibu sendiri juga sudah merasa PD dengan diri sendiri di depan umum…? karena sy juga  sering menemukan anak itu menjadi tidak PD karena ibunya sendiri juga TIDAK PD, itu yg disebut TIDAK PD yang menular.

Lalu Sang ibu tadi berkata;  “tapi perasaan saya sudah melakukan semua yg di sarankan oleh ayah….dengan sangat PD, . tapi anak saya kok ya tetap tidak PD.”

Jawab saya:  “Coba minta orang lain atau anak kita menilai apakah benar ibu sudah melakukannya secara baik dan konsisten.?  Ingat ‘PERASAAN’ bukanlah “FAKTA”.   Itulah mengapa selalu ada ucapan ‘Perasaan tadi dompetnya saya taruh di sini dech, tapi kok sekarang tidak ada ya…”

Sebagai penutup saya katakan pada sang ibu tadi;
” Begini bu….Jika nanti berdasarkan fakta memang ibu sudah melakukannya dengan baik pasti hasilnya tidak akan pernah salah , akan tumbuh ”SEORANG ANAK YG TAMPIL DENGAN PENUH PERCAYA DIRI.”   Karena sesungguhnya anak kita itu persis seperti cermin pemantul… ia akan memantulkan apa saja yg dilakukan oleh kita para orang tuanya.

Dan hingga saat ini sy belum pernah menemukan ada cermin yg  pada saat saya berkaca wajah saya  tapi yg  muncul di cermin wajah orang lain. –Cara Menjadikan Anak Percaya Diri