Baby Walker Bahaya Atau Tidak Untuk Anak Bayi?



Baby walker bahaya atau tidak sih karena sering digunakan untuk membantu bayi belajar jalan. Kebanyakan orang tua merasa senang melihat bayinya bergerak kesana kemari.. tapi ternyata, penggunaan baby walker bisa berdampak buruk bagi anak-anak.

Masih banyak ibu dan keluarga yang belum mengetahui bahwa penggunaan baby walker tidak baik bagi anak.

bahaya baby walker untuk anak bahaya baby walker anak bahaya baby walker buat bayi

Beberapa penelitian di Amerika dan Eropa menyimpulkan bahwa baby walker menjadi penyebab paling banyak kecelakaan terhadap bayi, bisa menghambat pertumbuhan, dan beberapa hal negatif lainnya. Bahkan, Kanada telah membuat undang-undang pelarangan penjualan, iklan, dan impor baby walker sejak 7 April 2004 silam.



Baby Walker Bahaya Atau Tidak Untuk Anak Bayi?

Tapi di Indonesia dan banyak negara lainnya, baby walker masih boleh digunakan. Sesungguhnya apa dampak negatif baby walker bagi anak dan mengapa baby walker berbahaya untuk bayi?

1. SEGI KEAMANAN 

Sepintas baby walker memang tampak kokoh melindungi anak dari gerakannya. Sehingga cukup banyak orang tua membiarkan anak tanpa pengawasan saat menggunakan ini. Padahal, dengan baby walker, bayi menjadi lebih mudah menjangkau benda-benda di sekitarnya yang dapat menyebabkan cedera karena ketiban benda tersebut atau menelan benda yang tidak seharusnya.

Meskipun dalam area pengawasan, gerakan bayi yang menggunakan baby walker menjadi lebih cepat. Dengan kecepatan rata-rata 1-3 meter per detik, Anda atau pengawas bayi tak dapat mencegah atau menghentikan laju bayi sehingga banyak kasus bayi terjatuh dari tangga.

2. SEGI TUMBUH KEMBANG BAYI 

Posisi mengangkang menggunakan baby walker, pijakan melangkah yang tidak baik, membuat pertumbuhan otot bayi menjadi tidak sempurna hal ini dikarenakan fungsi otot gerak lainnya digantikan oleh baby walker.

Dampaknya, anak menjadi terlambat belajar berjalan atau bahkan bisa menjadi trauma karena terus-terusan jatuh saat berlatih berjalan. Si kecil juga bisa menjadi malas berjalan karena sudah terbiasa ditopang baby walker.

Jadi sebaiknya ajari anak belajar berjalan secara alami, tuntun bayi Anda perlahan untuk berjalan. Dukung pula semangatnya dengan asupan yang bergizi untuk membantu mempercepat pembentukan otot-otot geraknya.

Demikian artikel tentang bahaya baby walker bagi bayi semoga bermanfaat!