Program Rencana Kegiatan Harian RKH TK Lengkap



Setelah beberapa waktu yang lalu kami membahas bagaimana cara menyusun RKM atau rencana kegiatan mingguan PAUD kali ini kami akan menyajikan artikel tentang RKH PAUD. Pada Rencana Kegiatan Harian, guru harus menyusun rencana kegiatan harian (RKH). Fungsinya adalah untuk mengembangkan seluruh kemampuan anak guna potensi yang pada individu anak bekerja secara optimal.

Contoh RKH TK Rencana Kegiatan Harian TK

Rencana kegiatan atau program kegiatan adalah seperangkat pedoman kegiatan belajar yang direncanakan untuk dapat dilaksanakan dalam rangka menyiapkan atau meletakkan dasar-dasar pendidikan bagi pengembangan pembentukan perilaku dan pengembangan kemampuan dasar yang disesuaikan dengan tahap perkembangan setiap anak.

Elemen Rencana Kegiatan Harian TK KB (RKH PAUD)

RKH merupakan penjabaran dari RKM. RKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. Elemen atau bagian penyusun RKH terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Isi RKH model pembelajaran kelompok sebagai berikut :



  • Hari, tanggal, waktu
  • Indikator
  • Kegiatan pembelajaran
  • Alat/sumber belajar
  • Penilaian perkembangan anak didik

Contoh RKH TK Lengkap

Langkah-langkah pengembangan RKH model pembelajaran kelompok adalah sebagai berikut :

  1. Memilih indikator dalam RKM untuk dimasukkan ke dalam RKH. Penulisan indikator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan
  2. Merumuskan kegiatan untuk mencapai indikator yang dipiloih dalam RKH
  3. memilih kegiatan ke dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti, pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai program yang direncanakan.
  4. Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang ditentukan.
  5. memilih alat/sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
  6. Memilih dan menyusun alat permainan yang dapat mengukur ketercapaian indikator.

Untuk contoh RKH TK lengkap 1 tahun semester 1 dan 2, ayah bunda bisa mendapatkan filenya silahkan KLIK DISINI.

Demikian contoh program rencana kegiatan harian RKH TK dapat kami sampaikan semoga bermanfaat!

Update, Silahkan Baca!

UPDATE : Karena mulai tahun ajaran 2014/2015 PAUD diwajibkan menggunakan Kurikulum PAUD 2013, sebaiknya ayah bunda melihat juga Rencana Program Harian RPH PAUD Kurikulum 2013

Dengan adanya update contoh RKH TK ini otomatis, RKH TK yang berlaku sebelumnya tidak berlaku lagi, pemendikbud tentang Standar PAUD juga sudah berubah. Demikian infonya untuk dapat dijadikan maklum. Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih!