Download Contoh Program Semester TK



Program semester TK (PROMES) merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan tema, bidang pengembangan/lingkup pengembangan, indikator, dan alokasi waktu.

Contoh Program Semester TK

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam menyusun program semester TK yaitu sebagai berikut:

contoh program semester tk

Langkah-Langkah Pengembangan Program Semester

  1. Mempelajari dokumen kurikulum, yakni pedoman pengembangan program pembelajaran.
  2. Menentukan tema yang akan digunakan dalam setiap semester dan menetapkan alokasi waktu setiap tema
  3. Menentukan dan mengidentifikasi tema menjadi sub tema
  4. Tema-tema yang dipilih dan hasil dokumentasi tema menjadi sub tema dapat dibuat dalam bentuk tabel pada setiap awal tahun pelajaran.

Daftar Tema TK Semester 1

  1. Diri Sendiri (3 minggu)
  2. Lingkunganku (4 minggu)
  3. Kebutuhanku (4 minggu)
  4. Binatang (3 minggu)
  5. Tanaman (3 minggu)

Daftar Tema TK Semester 2

  1. Rekreasi (4 minggu)
  2. Pekerjaan (3 minggu)
  3. Air, Udara dan Api (2 minggu)
  4. Alat komunikasi (2 minggu)
  5. Tanah airku (3 minggu)
  6. Alam semesta (3 minggu)

UPDATE : Karena mulai tahun ajaran 2014/2015 PAUD diwajibkan menggunakan Kurikulum 2013 PAUD, maka bunda juga ayah sebaiknya melihat Rencana Program Semester PROMES TK Kurikulum 2013.



Fungsi Tema TK (Taman Kanak-Kanak)

Kumpulan tema TK di atas dapat digunakan untuk membuat rencana kerja harian selama satu tahun ajaran. Agar kita tidak kebingungan dalam membuat kegiatan setiap harinya di sekolah, cara yang paling mudah adalah bisa dilakukan sebagaimana tips berikut :

  1. Berdasarkan tema yang ada, kita bisa menentukan sub tema. Sub tema ini bisa dibuat berbeda setiap minggunya.
  2. Berbekal dari indikator yang ada, selanjutnya kita mulai menentukan program kerja tahunan. Biasanya disediakan 2 form isian yang berbeda untuk semester 1 dan semester 2, atau cara lain bisa juga diisi setiap sebelum semester baru dimulai.
  3. Menyusun program semester. Dalam program semester biasanya kita memberikan tanda centang pada setiap indikator yang akan diambil sesuai dengan tema dan akan ditempatkan pada minggu ke-berapa pada form sudah tersedia. Kegiatan ini dilakukan setiap semester, sebelum semester baru dimulai, semuanya harus sudah terprogram sehingga siap untuk digunakan nantinya.
  4. Membuat RKM, Rencana Kegiatan Mingguan. Kita perlu menyusun RKM guna mengetahui atau menentukan kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dilakukan. RKM yang biasa digunakan adalah berbentuk spider web. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja bentuknya, ada juga yang menggunakan bentuk kolom-kolom dan diberi kegiatan sesuai dengan bidang pengembangan dan hari penyampaian materi.
  5. Membuat RKH, Rencana Kegiatan Harian. Mempersiapkan RKH ini akan sangat mudah apabila kita sudah mengerjakan step-step sebelumnya. Hanya tinggal menyalin saja, dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguh materi yang akan disampaikan setiap harinya. Untuk indikator dan kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya, bisa dibuat terlebih dahulu.