Contoh Pembelajaran Untuk Anak TK Yang Menyenangkan



Pembelajaran untuk anak TK yang menyenangkan untuk materi yang diajarkan sudah tertuang ke dalam RKH atau rencana kegiatan harian. RKH ini sudah disusun selama satu tahun penuh guna kelancaran aktivitas bermain sambil belajara di taman kanak-kanak.

Peran serta dari berbagai pihak memang mutlak perlu dilakukan, mengingat melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan program yang sangat strategis guna mempersiapkan generasi bangsa Indonesia ke depan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) Unggulan yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Inilah tantangan dan peluang yang harus diselesaikan dan perlu dilakukan oleh semua pihak dalam mendukung penanganan program PAUD.

pembelajaran anak tk yang menyenangkan

Pembelajaran Untuk Anak TK

Struktur program kegiatan PAUD mencakup bidang pengembangan pembentukan perilaku dan bidang pengembangan kemampuan dasar melalui kegiatan bermain dan pembiasaan. Lingkup pengembangan meliputi: (1) nilai- nilai agama dan moral, (2) fisik, (3) kognitif, (4) bahasa, dan (5) sosial emosional. Kegiatan pengembangan suatu aspek dilakukan secara terpadu dengan aspek yang lain, menggunakan pendekatan tematik.



Taman Kanak – Kanak (TK) adalah salah satu bentuk pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 4 – 6 tahun, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

Penyelenggaraan PAUD untuk satuan Taman Kanak-Kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat diperuntukkan bagi anak usia 4 – ≤6 tahun. Pada buku yang kami sajikan ini akan dibahas contoh pembelajaran lingkup perkembangan pembiasaan dan kemampuan dasar untuk untuk anak didik TK Kelompok A dan Kelompok B, yang meliputi lingkup perkembangan berikut ini :

1. Lingkup Perkembangan Pembiasaan

  • Nilai-nilai agama dan moral
  • Sosial emosional

2. Lingkup Perkembangan Kemampuan Dasar

  • Perkembangan fisik motorik
  • Perkembangan kognitif
  • Perkembangan bahasa

Selengkapnya untuk mendapatkan contoh pembelajaran TK lingkup perkembangan pembiasaan dan kemampuan dasar anak usia dini usia 4 – 6 tahun download eboknya >> KLIK DISINI <<
Ref: #buku1

Selain mempertimbangkan tema dan sub tema, seorang guru juga harus memasukkan enam aspek perkembangan anak usia dini ke dalam RKH yang disusunnya. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana membuat aktivitas permainan yang dilakukan anak menyenangkan. Ayah bunda dapat menggunakan metode mengajar paikem yaitu sebuah metode pembelajaran tk yang meliputi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, dan Menyenangkan.