8 Juknis Penyelenggaraan PAUD HI TK KB TPA Terbaru



Kumpulan 8 Juknis Penyelenggaraan PAUD TK KB TPA Terbaru Resemi dari Direktorat Pembinaan PAUD tahun 2019. Halaman ini bersifat indeks, untuk download masing-masing petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD ayah bunda harus mengikuti masing-masing link yang disediakan.

Juknis atau Petunjuk Teknis adala sebuah panduan yang berisi uraian deskriptif tentang pelaksanaan suatu kegiatan sehingga kegiatan tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan. Juknis penyelenggaraan paud ini dikeluarkan direktorat paud pada tahun 2015 dan masih berlaku pada tahun ini selama belum dikeluarkan peraturan atau pedoman atau juknis pengganti. Kami akan update halaman ini begitu juknis pengganti diberlakukan!

Kumpulan Petunjuk Teknis PAUD TK KB TPA Terbaru

Adapun petujuk teknis paud yang berlaku saat ini dimaksud terdiri dari 8 buku atau pedoman yang meliputi :

  1. Juknis TK yang mengatur tata cara Penyelenggaraan TK (Taman Kanak-Kanak)
  2. Juknis KB yang mengatur tata cara Penyelenggaraan KB (Kelompok Bermain)
  3. Juknis TPA yang mengatur tata cara Penyelenggaraan TPA (Taman Penitipan Anak)
  4. Juknis Pos PAUD yang mengatur tata cara penyelenggaraan Pos PAUD yang merupakan SPS (Satuan PAUD Sejenis)
  5. Juknis PAUD HI yang mengatur tata cara Penyelenggaraan PAUD HI (Holistik Integratif)
  6. Juknis PAUD Islam yang mengatur tata cara Penyelenggaraan PAUD Berbasis Agama Islam
  7. Juknis PAUD Kristen yang mengatur tata cara Penyelenggaraan PAUD Pelayanan Anak Agama Kristen
  8. Juknis PAUD BIA yang mengatur tata cara Penyelenggaraan PAUD Bina Iman Anak

Semua juknis penyelenggaraan PAUD di atas di keluarkan oleh direktorat PPAUD pada akhir tahun 2015 dan dapat digunakan pada tahun ini. Selama belum ada Juknis baru yang mengganti juknis ini akan tetap berlaku.

Pendidikan Anak Usia Dini yang selanjutnya disingkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun atau dikenal dengan istilah golden age , yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.



juknis penyelenggaraan paud juknis penyelenggaraan paud pdf juknis penyelenggaraan paud 2015 juknis penyelenggaraan paud 2017 juknis penyelenggaraan paud terpadu juknis penyelenggaraan paud inklusi juknis penyelenggaraan paud holistik integratif juknis penyelenggaraan paud 2018 petunjuk teknis penyelenggaraan paud terpadu petunjuk teknis penyelenggaraan paud juknis penyelenggaraan pos paud juknis penyelenggaraan satuan paud sejenis juknis bantuan operasional penyelenggaraan paud pedoman penyelenggaraan paud 2015
Halaman ini sudah diperbarui untuk memastikan ayah bunda semua mendapatkan juknis paud paling terbaru dan masih berlaku sampai sekarang. Kami sampaikan permohonan maaf karena gambar diatas tidak kami update, tetapi konten laman fresh.

Satuan PAUD adalah taman Kanak-Kanak, Taman Kanak-Kanak Luar Biasa, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak dan Satuan PAUD Sejenis. (dilihat kembali di peraturan).

Download 8 Juknis PAUD (TK KB TPA) Terbaru

Ayah bunda dapat melakukan download ke-delapan petunjuk teknis penyelenggaraan PAUD lengkap melalui link tautan yang disediakan di bawah ini, silahkan ikuti satu per satu tautan yang ada berikut:

  1. Juknis Penyelenggaraan TK, Lihat disini
  2. Juknis Penyelenggaraan KB, Lihat disini
  3. Juknis Penyelenggaraan TPA, Lihat disini
  4. Juknis Penyelenggaraan Pos PAUD, Lihat disini
  5. Juknis Penyelenggaraan PAUD HI, Lihat disini
  6. Juknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Agama Islam, Lihat disini
  7. Juknis Penyelenggaraan PAUD Pelayanan Anak Agama Kristen, Lihat Disini
  8. Juknis Penyelenggaraan PAUD BIA, Lihat Disini

Ke-delapan petunjuk teknis penyelenggaraan tersebut intinya sama, yang membedakan adalah karena kelompok usia anak usia dini  yang di ajar pada masing-masing layanan berbeda usianya maka perlu disesuaikan teknis penyelenggaraannya,

Untuk PAUD Holistik, Pelayanan  yang  menyeluruh  dan  terintegrasi. Satuan  PAUD  sebagai wadah pemberian layanan pemenuhan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak yang mencakup pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan anak oleh berbagai pihak dan pemangku kebijakan;

Arah Kebijakan PAUD di Indonesia

Pembinaan PAUD terus dilakukan pemerintah sampai saat ini guna menigkatkan perluasan dan mutu paud dalam rangka membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini secara optimal agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

Tujuan program paud sendiri adalah untuk menjadikan anak usia dini baik laki-laki maupun perempuan, di desa maupun perkotaan, dari keluarga miskin maupun kaya, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan PAUD; sehingga anak dapat mencapai tumbuh kembang optimal sesuai potensi yang dimilikinya.